Tenun Ikat Songket

Tenun Ikat Songket | Jenis Jenis Kain Tradisional Nusantara

Tenun ikat songket, jenis-jenis kain tradisional Nusantara. Kain etnik hasil kreasi seni kerajinan tekstil asli buatan tangan dari Indonesia.

Tak hanya menarik, populer dan terkenal menjadi pusat perhatian trend fashion dunia. Jakarta 2017

Foto Gambar Contoh Kain Etnik Khas Indonesia, Tekstil Klasik Asli Nusantara Yang Telah Dikenal Dan Terkenal Di Mancanegara

Tenun Ikat Songket

BatikTigaNegeri.Com

 

Tak hanya batik, tekstil etnik tradisional yang dibuat dari susunan antara benang lungsi dan pakan yang melintang dan saling menjalin, juga menjadi trend mode gaya busana, lifestyle artis-artis terkenal, pejabat, pengusaha ternama dan kain busana pakaian casual santai sehari-hari.

Kain bahan tekstil yang sesuai dan cocok serta dapat dikombinasikan dengan berbagai aneka ragam garmen dan aneka jenis model busana ; brocade, blazer, scarf, shawl, syal, baju, kemeja, kebaya, hijab, rok, gaun, blus, celana, sarung dan sarung pantai.

Tenun ikat songket memiliki aneka ragam motif dan kaya corak-corak warna. Yang memiliki tampilan unik, nyentrik dan menarik.

Dari kekayaan khasanah kreatif seni kerajinan tekstil tradisional etnik, yang memiliki aneka ragam motif dan corak warna.

Tenun rangrang Lombok dan Bali, yang lebih dikenal dan populer sebagai kain rangrang Bali, model baju  NTT, kemeja pria kain Bima menjadi daya tarik bagi tersendiri bagi wisatawan domestik maupun wisman dari mancanegara.

Kain etnik dengan corak-corak warna dan motif-motif klasik nan eksentrik ini tak hanya menarik dan menjadi pusat perhatian bagi para wisman yang berkunjung ke Indonesia, terutama Bali, Denpasar.

Kain tekstil tradisional khas Nusantara juga menjadi pilihan motif-motif busana kerja, seragam kantor, baju kemeja, kombinasi kebaya yang dipakai oleh orang-orang ternama.

Selain menjadi topik trend mode dan pusat perhatian fashion yang menarik nan unik. Tenun ikat songket amat diminati dan digemari di berbagai wilayah dan daerah, diantaranya ; Kupang, Mataram, Kota Denpasar, Depok, Semarang, Pontianak, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, Malang, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Medan, Bandung.

Pengertian Kerajinan Tenun | Kain Ikat Songket

Kain tekstil etnik, yang memiliki tampilan unik. Kaya ragam motif-motif klasik, corak-corak warna menarik dan eksentrik.

Ragam kain bahan busana pakaian yang siap mencuri perhatian dan mencitrakan kepribadian pemakainya, juga memiliki sejarah perjalanan dan perkembangannya. Seperti juga sejarah kain batik, batik tulis, batik cap, batik printing, batik jumputan, batik embos.

Contoh Gambar, Foto Cara Membuat Kain Tekstil Tradisional. Aneka Model Gambar Kain Bahan Busana Pakaian, Tekstil Etnik Nan Eksentrik Dan Menarik Berasal Dari Sini.

Tenun Ikat Songket

BatikTigaNegeri.Com

 

Pengertian kerajinan tenun ; tekstil etnik, kain klasik tradisional yang tercipta sebagai buah karya seni kerajinan tangan dengan teknik cara pembuatan kain menggabungkan benang lungsi dan benang pakan, secara memanjang dan melintang.

Kain tekstil tradisional ini, dahulu biasanya terbuat dari berbagai bahan serat-serat benang alami. Bahan serat kayu, kapas, sutra, dan bahan-bahan serat benang lainnya biasa dipakai untuk membuat jenis kain bahan pakaian ini.

Kain ikat dapat dijahit dengan mudah untuk dijadikan pakaian adat, baju kemeja, dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior, home decor, penghias hiasan dinding aneka model rumah dengan berbagai gaya.

Sebelum dimulai proses cara pembuatannya, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali sesuai dengan corak atau pola hias yang dikehendaki. Ketika dicelup, bagian benang yang diikat dengan tali tidak ikut terwarnai.

Meskipun secara teknis dan bentuk mirip dengan anyaman rajutan. Tapi, kain tekstil etnik tradisional khas Nusantara ini memiliki perbedaan dari alat dan teknik pengerjaannya.

Merajut, knitting ; teknik kerajinan cara pembuatan kain bahan busana pakaian. Membuat perlengkapan busana dari bahan benang rajut (Yarn). Merajut berbeda dengan menenun, teknik pembuatannya menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus.

Sedangkan merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang pada salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

Seni kerajinan tangan tradisional tenun ikat songket sangat berkaitan erat dengan sistem budaya, aturan tradisi dan norma. Karena kultur sosial dalam masyarakat beragam, maka seni kerajinan tekstil tradisional etnik ini pada masing-masing daerah memiliki perbedaan dengan perkembangan sejarahnya.

Macam Macam Kain Tenun | Tekstil Tradisional Asli Indonesia

Kain tekstil tradisional asli Indonesia, tekstil etnik dari Nusantara memiliki ragam teknis cara pembuatannya. Dan kaya khasanah corak-corak warna serta aneka model motif-motif kain.

Contoh Gambar, Foto Aneka Ragam Hias Corak-Corak Motif Kain Tekstil Tradisional. Aneka Model Gambar Kain Bahan Busana Pakaian, Tekstil Etnik Nan Eksentrik Dan Menarik.

Tenun Ikat Songket

BatikTigaNegeri.Com

 

Macam macam kain etnik dibuat sebagai tekstil seni kerajinan kain tradisional yang memiliki berbagai fungsi serta peruntukannya. Seperti halnya kain batik, yang memiliki aneka ragam model motif-motif batik dan corak warna untuk berbagai kalangan serta pengaruh sejarah adat, tradisi dan budaya.

Tenun Sederhana | Kain Lurik | Kain Sorjan

Kain tekstil tradisional dibuat dengan teknik sederhana, dihasilkan dari susunan benang pakan masuk. Kemudian benang pakan keluar, lalu kedalam benang lungsi dengan ritme yang sama.

Contoh Gambar, Foto Kain Lurik. Biasa Dipakai Sebagai Baju Kemeja Khas Jawa, Yang Bernama Sorjan. Kadang Disebut Juga Dengan Maksud Yang Sama Sebaga batik Lurik.

Tenun Ikat Songket

BatikTigaNegeri.Com

 

Menghasilkan kain tenun polos tanpa banyak corak motif rumit. Sederhananya memiliki corak garis-garis, maupun kotak-kotak sesuai dengan warna dan jenis benang yang dipakai.

Kain tekstil tradisional yang dihasilkan seringkali disebut dengan kain lurik (garis-garis, seperti Zebra cross). Kain jenis ini banyak dijumpai dan dibuat di berbagai daerah, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Tenggara.

Tenun Ikat Lungsi

Kain tekstil tenun ikat lungsi, tekstil kerajinan tradisional yang dibuat dengan rancangan dari kumpulan benang lungsi yang dibentangkan pada alat perentang.

Kemudian diikat dengan tali untuk proses pencelupan serat-serat benang, agar tercipta ragam hias corak-corak warna yang dikehendaki. Setelah mengering pada bagian yang ditandai oleh warna tali tertentu.

Ikatan kemudian dibuka dan dicolet dengan warna yang diinginkan, dilakukan seterusnya pada ikatan warna tali yang lain, serta dicolet dengan warna-warna yang dikehendaki.

Proses cara pembuatan selanjutnya dengan menyiapkan penataan pada alat tenun. Selanjutnya benang pakan warna tertentu disesuaikan dengan warna yang diinginkan secara keseluruhan.

Hasil tenun ikat lungsi banyak dijumpai berasal dari daerah NTB, NTT, Maluku, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat , Sulawesi Utara, Papua Barat.

Tenun Ikat Pakan

Kain seni kerajinan tekstil etnik tradisional tenun ikat pakan proses cara pembuatannya sama dengan kain ikat lungsi. Namun yang diikat adalah kumpulan serat benang pakan sesuai dengan ragam hias dan corak-corak warna yang dikehendaki.

Kemudian ditenun pada bentangan benang lungsi yang sudah tertata pada alat penenun dengan ragam hias warna secara keseluruhan yang dikehendaki.

Kain tekstil tradisional tenun ikat pakan banyak dijumpai dan berasal dari daerah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah.

Tenun Ikat Ganda | Ikat Lungsi Dan Pakan

Kedua teknik diatas dipadukan dalam proses cara pembuatan dan penenunannya. Agar tercipta corak yang terbentuk dari persilangan benang lungsi dan benang pakan yang bertumpuk pada titik pertemuan corak yang dikehendaki.

Kain seni kerajinan tradisional, kain etnik tenun ikat ganda dapat dijumpai berasal dari daerah Bali ; Tenganan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Tenun Songket

Kain songket, adalah kain tekstil etnik tradisional mewah dan berkelas.

Dengan teknik dan cara pembuatan, penambahan serat benang-benang pakan sebagai hiasan yang nampak timbul. Dan menyisipkan serat helai benang berwarna perak, emas, tembaga atau benang warna diatas benang lungsi.

Kain tekstil etnik bahan busana pakaian yang modis, tenun songket banyak terdapat dan berasal dari daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara.

Tenun ATBM | Kain Ikat Dobby

Kain tekstil tradisional etnik tenun dobby dibuat dengan cara proses pembuatan melalui pola pada sebuah susunan kayu.

Biasanya selebar 2 cm x 20 cm. Kayu-kayu itu disusun rapi, berjumlah sampai puluhan. Tiap susunan kayu memiliki 16 titik yang ditutup besi, semacam paku sesuai motif yang diinginkan. Fungsinya sama dengan pola kain strimin.

Kain etnik nan klasik bahan berbagai model busana pakaian dan seragam ini, tenun dobby banyak terdapat dan dibuat di berbagai daerah, diantaranya ; Jawa Barat, Jawa Tengah. Kain tekstil tenun ATBM banyak dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan kain batik.

Alat Dan Bahan Membuat Tenun Ikat Songket

Kain etnik tradisional nan indah dan menarik, yang kaya ragam hias dan corak-corak warna memikat. Dibuat dengan berbagai persiapan alat dan bahan membuat tenun ikat songket.

Contoh Gambar Alat Dan Bahan Membuat Kain Etnik, Kain Seni Kerajinan Tradisional Khas Nusantara.

 

Tenun Ikat Songket

BatikTigaNegeri.Com

 

Kain seni kerajinan tekstil tradisional yang dibuat dengan memakai bahan benang emas atau benang perak serta alat tenun bukan mesin.

Selain memakai helai-helai benang emas atau perak, ada juga yang memakai jenis serat benang sutera yang memiliki corak-corak warna, benang sulam, benang katun berwarna dan berbagai serat benang lainnya.

Prinsip dasar dari pemakaian aneka ragam jenis serat benang tersebut dipakai untuk menghiasi ragam hias dan motif-motif permukaan kain yang dibuat. Bentuknya dapat berupa sulaman dan dibuat pada waktu yang bersamaan dengan menenun dasar kainnya.

Pemakaian serat-serat helai benang tambahan saat menenun disebut songket, karena dihubungkan dengan proses menyungkit atau menjungkit benang lungsi dalam membuat aneka ragam model corak-corak motif-motif ornamen hias.

Seperti juga batik, kain bahan pakaian yang seringkali ditampilkan peragawan-peragawati pada pekan busana, pameran adi busana. Tenun ikat songket dengan berbagai aneka ragam hias dan corak-coraknya selalu menjadi topik fashion dan tren mode yang selalu menarik serta mencuri perhatian.

Kain ikat songket populer dan terkenal di pulau Bali. Songket juga menghiasi sarung, busana pakaian khas Indonesia. Selain terkenal di pulau Bali, kain etnik tradisional ini menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah Troso Kabupaten Jepara.

Dan tekstil kerajinan tradisional yang memiliki tampilan etnik nan unik ini paling terkenal berasal dari Pulau Lombok, Suku Toraja, dan kota Bima.

Kreasi seni kerajinan tekstil tradisional ini seringkali dipadu dengan jenis-jenis kebaya batik. Ragam motif-motif yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin dipadu dengan batik tulis yang keduanya sama-sama dihasilkan dari kreasi kerajinan tangan asli, menjadi nilai tersendiri.

Jenis-jenis dan ragam gaun pesta, busana pengantin juga dikombinasikan dengan kain tekstil kerajinan tradisional yang nyentrik ini.

Berbagai barang-barang kerajinan tas, dompet, souvenir, cinderamata dibuat dari limbah tekstil maupun dibuat secara khusus dengan teknik-teknik pembuatan tenun.

Lagi-lagi seperti halnya kain batik. Kain tenun sebagai busana adat, juga busana kain pakaian wajib penari tradisional asal daerahnya. Tari tradisional tampil sempurna dan maksimal dengan segala perlengkapannya termasuk kain busana pakaian adat yang menghiasinya.

Nusa Tenggara Timur salah satu provinsi Indonesia yang memiliki sejarah asal usul kain etnik tenun memiliki berbagai pengembangan karya seni rupa visual, juga pengembangan motif-motif geometris modern, motif dua dimensi dengan tetap mempertahankan ciri khas tradisional yang dimiliki kain etnik ini.

Kain batik, tenun ikat songket dengan aneka ragam hias motif-motifnya, aneka model dengan ciri khas dan karakteristiknya, adalah kain kelompok etnik sebagai khasanah kekayaan budaya Nusantara.

Seni kerajinan tangan tradisional Indonesia. Khasanah kekayaan tradisi budaya warisan dari para leluhur. Aneka ragam model fashion terbaru saat ini, berkembang dan terinspirasi dari sejarah kain tradisional khas Nusantara ini ; batik dan tenun ikat songket Indonesia.

Pakaian muslim batik dan tenun dapat dikombinasi dengan berbagai gaya fashion tekstil ragam kain pakaian modern.

Baik berupa gaun, kebaya pesta, rok, blazer, blus, seragam, polo shirt, kaos oblong, celana, sarung. Sarung model celana modern unik. Yang juga terwarnai dari corak-corak tradisional kain khas Nusantara ini.

Motif-motif gambar kutu serangga, sketsa gambar, flora fauna, pemandangan, motif geometri, abstraksi, pola motif jenis batik dan tenun juga terdapat pada ragam kain pakaian bermotif modern.

Aneka ragam motif-motif batik klasik, tenun ikat telah menjadi insiprasi dan mewarnai berbagai aneka ragam ornamen ragam hias berbagai kain tekstil modern fungsional.

Mulai dari sarung, sarung tangan, jok mobil, set sprei bed, kasur bantal guling, sarung meja kursi, taplak, tas, sarung tv led, sarung tangan motor, kerajinan produk home decor.

Cari batik kombinasi ragam kain pakaian tekstil modern, pesan batik online, hobi koleksi fashion? Aneka model baju batik, motif batik Solo, batik Surakarta, batik Lasem, batik Jogja, batik Pekalongan ?

Kain etnik, tekstil tradisional elegan dan eksentrik ini, tenun in english (weaving) diminati di belahan negara lain, diantaranya ; Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei, Amerika Serikat, Nigeria, Tanzania, Selandia Baru, Ghana, Australia, Filipina, Kenya, Irlandia, Pakistan, Inggris Raya, Bangladesh, India, Kanada, Singapura, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Norwegia, Malaysia, Swedia, Denmark, Belanda, Belgia, Finlandia, Hungaria, Thailand, Korea Selatan, Jerman, Swiss, Mesir, Spanyol, Cile, Indonesia, Prancis, Italia, Turki, Argentina, Meksiko, Polandia, Brasil, Rusia, Jepang.

Trend fashion mode baju model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun) dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawasan tradisional ini, dari ragam batik fabric art khas Nusantara.

Tertarik koleksi batik tulis  antik Laseman Rembang, Solo Surakarta, Jogja Pekalongan | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk kombinasi busana pakaian etnik?

Mau pesan batik tulis motif sendiri dengan teknik dan kekhasan tersendiri dari batik Solo Jogja, Pekalongan Lasem?

Mau pesan repro batik tulis lama, batik lawasan, batik kuno, batik bekas, batik klangenan, batik yang membawa pesan nostalgia dan kenangan?

Cari batik tenun harga murah permeter?

Informasi dan Kabar Selengkapnya Hubungi Kami!

Memiliki Koleksi Batik, Tenun Ikat, Aneka Model Kerajinan Tekstil Wastra Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

Incoming search terms:

  • mencari informasi tentang batik songket nusantara