Motif Tradisional | Modern Kontemporer

Motif Klasik Tradisional | Modern Kontemporer | Wastra Adi Warna Nusantara

Motif Klasik Tradisional | Modern Kontemporer | Wastra Adi Warna Nusantara | Batik, Tenun Ikat Songket Dan Berbagai Kain Khas Kedaerahan Asli Indonesia | Jakarta 2017

Nusantara, Indonesia dikenal laksana batu permata, zamrud di katulistiwa. Kekayaan alam, ragam hayati flora fauna dan sumber daya alam melimpah menjadi karunia sekaligus ujian bagi negeri seni kerajinan tangan ini.

Foto gambar, contoh ilustrasi seni tari khas kedaerahan lengkap dengan busana dan pakaian adat yang kaya ragam ornamen hias

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Kekayaan alam, ragam hayati dan khasanah tradisi budaya di Nusantara juga telah lama menjadi motif yang menarik untuk investasi para investor dari luar negeri.

Investasi pengembangan dalam bidang ekonomi dan pemberdayaan berbagai sektor kehidupan, termasuk seni kerajinan tangan tradisional yang cukup menarik perhatian.

Foto gambar, contoh ilustrasi peninggalan kreasi budaya warisan leluhur peradaban tinggi di Nusantara | Seni pahat, seni arsitektur bangunan yang diakui sebagai salah satu keajaiban dunia, candi Borobudur

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Selain kaya ragam hayati dari kekayaan alam yang menjadi karunia negeri kepulauan Nusantara ini. Indonesia, juga memiliki potensi sumber daya manusia yang memiliki keterampilan seni, tradisi, budaya kerajinan warisan leluhur dengan aneka ragam motif ornamen hias yang kaya corak dan bhineka.

Berbagai karya seni, karya kerajinan dihasilkan oleh pelaku seni dan perajin lokal menjadi karya fungsional estetis yang terkenal. Negeri kepulauan ini juga memiliki ragam berbagai bentuk patron karya seni peninggalan, beberapa diantaranya diakui sebagai warisan dunia.

Foto gambar, ilustrasi motif examples Kris world heritage from Indonesia | Keris pusaka dapur Naga Sasra luk tiga belas, kinatah Kamarogan

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Indonesia, Nusantara amat layak dan pantas disebut sebagai negerinya para seniman, negeri para perajin seni kerajinan tangan dari berbagai bentuk media bahan.

Aneka media bahan, baik sintetis maupun dari alam. Bahan sintetis limbah industri maupun bahan dasar hasil dari industri modern diolah oleh tangan-tangan terampil perajin negeri kerajinan Nusantara menjadi produk unggulan.

Produk seni kerajinan dengan keragaman motif, estetis dan fungsional. Serta berbagai aneka produk lokal yang menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari produk berbahan media kayu, batu akik dan permata, batuan jenis granit. Serat-serat pembuat benang, serat kapas, serat alam yang menjadi aneka tekstil buatan tangan ; batik, tenun ikat songket dan berbagai kain khas kedaerahan serta aneka ragam kerajinan lainnya.

Motif Literary Definition

Menurut Cambridge Dictionary : Motif a pattern or design | an idea that is used many times in a piece of writing or music | as noun ; design, motive.

Definisi lain dari Motif :

noun
1. a design or figure that consists of recurring shapes or colors, as in architecture or decoration

2. a theme that is repeated or elaborated in a piece of music

3. a unifying idea that is a recurrent element in literary or artistic work

4. Motive

5. In literature and the fine arts, a salient feature or element of a composition or work; esp., the theme, or central or dominant feature ; specif. (Music), a motive.

Motif dalam psikologi : Drive, dorongan dari dalam jiwa seseorang yang muncul karena kebutuhan yang hendak dipenuhi. Motif dari bahasa latin movere. Artinya bergerak atau to move, dengan berbagai aspek motivasi di dalamnya.

Beragam motif ornamen dekorasi hias adi warna wastra Nusantara baik model desain klasik tradisional | modern kontemporer | dari berbagai kain khas kedaerahan negeri kerajinan Indonesia cocok dan sesuai menjadi ragam inspirasi fashion berbagai model dan gaya.

Foto gambar, contoh ilustrasi model motif ragam hias Nusantara | Ornamen ragam hias Jepara

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Motif Wastra Adi Warna Nusantara | Batik

Foto gambar, contoh ilustrasi kegiatan membuat pola hias batik dari awal | Dari pola disain awal inilah tercipta beragam corak ornamen hias kain etnik tekstil tradisional kerajinan khas buatan tangan batik tulis

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Adi warna wastra Nusantara, kaya ragam motif ornamen hias dengan berbagai corak-coraknya. Batik, tenun ikat songket dan berbagai kain khas kedaerahan dari Indonesia telah terkenal memiliki kekayaan ragam hias untuk beragam model busana dan pakaian.

Ragam motif ornamen hias pada batik dan tenun ikat songket serta berbagai kain khas kedaerahan mewakili figur karakter paling menonjol dan umum dari bangsa Indonesia.

Salah satu ciri dari budaya kreatif Nusantara ialah kemampuan mengungkapkan, menuangkan impresi pesan dan kesan sebagai ekspresi artistik yang estetis. Karena menuangkan motif, sama seperti menggubah kata-kata dalam konsep karya sastra.

Karena, seperti apapun manfaat dan faedah dari fungsi beragam barang-barang karya seni kerajinan tangan. Tanpa motif hiasan yang menghiasinya, menjadi sesuatu yang hampa tanpa rasa.

Tajuk sejarah dari masyarakat Indonesia sistem tradisi dan budaya Nusantara, umumnya telah mahir dan terampil melukis, memahat, mengukir dinding-dinding gua, membangun candi besar. Salah satu contohnya Borobudur yang menjadi salah satu diantara keajaiban dunia.

Secara umum, garis besar pola ornamen ragam hias motif batik, dapat dibagi dalam empat kelompok versi utama.

I. Motif Hias Geometris

Ragam hias geometris, disebut juga sebagai ragam hias ruang, bidang, bentuk dan ilmu ukur. Eksistensi ragam hias bentuk geometris telah ada sejak lama dan sudah cukup tua.

Adapun beberapa motif yang tergolong ke dalam ragam hias batik geometris sebagai berikut:

a. Ornamen Hias Corak Banji
b. Ornamen Hias Corak Ganggong
c. Ornamen Hias Corak Ceplok
e. Ornamen Hias Corak Kawung
f. Ornamen Hias Corak Parang

II. Motif Hias Non-Geometris

Yang termasuk golongan non-geometris yaitu motif-motif Semen, Buketan (Bouquet) rangkaian bunga-bungaan, Terang Bulan.

Motif-motif golongan non-geometris tersusun dari ornamen-ornamen Meru, tumbuhan (pohon Hayat), Candi, jenis burung-burung.

Mulai dari burung Garuda, Merak, Hong, Phoenix, Ayam, Naga, atau Ular yang tersusun secara harmoni tetapi tidak menurut pada ruang, bentuk, serta bidang-bidang geometris.

a. Ornamen Hias Corak Semen
b. Ornamen Hias Corak Buketan, Terang Bulan, Flora, Fauna

III. Motif Hias Stilasi

Ragam hias stilasi merupakan penyederhanaan bentuk, teknik, detail dan anatominya tanpa kehilangan intisari dari pesan ragam hias motif yang disampaikan, kadang stilasi justru lebih berkarakter lewat simbolisasi bentuk-bentuk ragam hias yang tergambar.

Penggambaran, penuangan ragam hias stilasi berupa tetumbuhan, hewan maupun manusia secara utuh, setelah adanya pengaruh masuknya budaya tradisi kesenian dengan semangat pesan Islam di Nusantara.

IV. Motif Hias Bebas

Penciptaan kreasi ragam hias bebas tidak menitik beratkan kepada unsur alam. Bentuk yang ditampilkan tidak sepenuhnya mengambil dari objek manusia maupun alam.

Keluwesan, kesesuaian dari bentuk-bentuk ragam hias bebas, tidak terkungkung dan terbatasi oleh unsur-unsur alam saja, ruang lingkupnya lebih luas mulai dari aspek kenyataan realis hingga aspek imajinatif, serta abstrak.

Motif Wastra Adi Warna Nusantara | Tenun Ikat Songket

Foto gambar, contoh ilustrasi kegiatan menenun | Dari kombinasi antara ragam warna benang pakan dan lungsin, terciptalah beragam corak ornamen hias kain etnik tekstil tradisional kerajinan khas buatan tangan tenun ikat songket

Motif Tradisional | Modern Kontemporer

BatikTigaNegeri.Com

 

Motif tekstil kerajinan tenun, terutama berkembang di daerah di Nusa Tenggara Timur, dan berbagai daerah di Nusantara. Seni kerajinan tangan ini juga warisan turun-temurun dari tradisi serta budaya leluhur.

Motif tenunan menjadi identitas atau ciri khas dari suku atau pulau dimana jenis ragam hias itu berasal. Pada daerah tertentu, corak ornamen binatang atau bentuk stilasi orang-orang lebih banyak ditonjolkan.

Sedangkan seperti daerah Sumba Timur dengan corak motif fauna kuda, rusa, udang, mitos dan legenda naga. Di daerah Timor, motif yang sering dipakai adalah corak motif burung, reptil cecak, buaya dan motif kaif.

Bagi daerah-daerah lain corak motif flora bunga-bunga atau daun-daun menjadi bagian desain yang utama, sedangkan corak binatang menjadi ragam hias sekundernya.

Pada suku Sumba atau daerah tertentu biasanya menonjolkan corak binatang, contohnya Sumba Timur dengan corak fauna motif kuda, rusa, udang, naga, singa dan berbagai ragam hias corak-corak lainnya.

Berbagai barang fungsional seperti kantong hp, sarung laptop dari potongan-potongan tenun, kain batik merupakan contoh produk kerajinan limbah tekstil dan fungsinya, menjadi inovasi dan kreasi tiada henti dari budaya serta tradisi Nusantara yang kaya.

Dan banyak ragam contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional, yang dikombinasi menjadi kreasi-kreasi baru yang menarik dari para pelaku seni kerajinan negeri ini.

Aneka Motif Wastra Batik | Tenun Ikat Songket Nusantara

Aneka ragam motif adi warna wastra Nusantara ; batik tulis, batik cap, batik printing sablon, jumputan tie dye, embos. Kain etnik tekstil kerajinan tangan tenun ikat songket merupakan kekayaan ornamen ragam hias yang mewakili tradisi dan budaya Nusantara yang bhineka.

Ragam hias motif yang berkembang dari sistem tradisi budaya lama. Berbagai kain khas kedaerahan saat ini menghiasi aneka ragam model dari corak-corak kain tekstil industri bahan pakaian dan busana modern.

Hijab satin pashmina, jilbab, baju gamis jersey, sarung, tas, kaus oblong, rok, sprei bonita dari berbagai bahan dan jenis tekstil kain, dapat dimixing dengan ragam hias motif kain etnik tradisional. Batik, tenun ikat songket dan berbagai kain khas, kain adat kedaerahan.

Motif henna tangan simple dan sederhana, ragam hias keramik lantai, dinding, wallpaper. Juga memiliki ragam hias corak-corak yang terinspirasi ornamen hias disain batik, tenun ikat songket.

Motif khusus dari ragam hias kain etnik batik dan tenun ikat songket serta berbagai ragam hias kain khas kedaerahan juga sedang trend. Menjadi inspirasi dan menghiasi beragam model busana pengantin, baju pesta, baju couple dan pakaian khusus pre wedding.

Ada pendapat yang menghubungkan keterkaitan antara ragam hias peninggalan leluhur di candi-candi dengan motif ragam hias suku Aztek.

Nusantara memang memiliki warisan budaya dan peradaban yang tua, apalagi ditemukannya situs gunung Padang di Jawa Barat, yang menjadi salah satu bukti kesimpulan menguatkan akan hal ini.

Pokok dari kreasi pengembangan motif seni kerajinan tangan tak hanya inspiratif pada kain adat khas kedaerahan. Helm ada juga yang dihiasi dengan ragam corak batik dan tenun dengan teknik airbrush, serta beberapa striping custom pada motor seperti Yamaha dan merk lainnya.

Kemampuan kreatif mendesain dari pelaku seni kerajinan, ahli disain yang ada di tanah air tak diragukan lagi. Berbagai motif modern seperti garskin dan ragam pola desain lainnya bukanlah menjadi sesuatu yang sulit dikerjakan.

Mixing Ragam Motif Wastra Batik Lasem, Solo, Pekalongan | Tenun Ikat Troso Jepara Jawa Tengah

Aneka ragam motif adi warna wastra batik Solo Surakarta Hadingrat, batik Lasem, Pekalongan Jogja. Ragam corak warna tenun ikat songket Troso Jepara Jawa Tengah serta berbagai kain khas kedaerahan dapat menjadi pilihan mixing kombinasi yang menarik.

Ragam hias batik, kombinasi tenun ikat songket serta berbagai ragam hias kain khas kedaerahan. Dapat menjadi pilihan inspirasi fashion tabrak motif yang sedang trend.

Berbagai model busana etnik tradisional, modern kontemporer terbaru kekinian. Dapat dibuat dengan aneka ragam pilihan kain khas batik Lasem, Solo Surakarta, Pekalongan, seni kerajinan tangan bukan mesin tenun ikat Troso Jepara.

Produk aneka ragam batik Lasem, Solo Surakarta, Pekalongan, seni kerajinan tangan bukan mesin tenun ikat Troso Jepara. Mudah dijumpai dan dicari di pasar pusat grosir terkenal Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Berbagai ragam pilihan kain etnik tradisional tekstil kerajinan tangan batik Lasem, Solo Surakarta, Pekalongan, tenun ikat Troso Jepara. Dapat menjadi ragam pilihan kain bahan busana muslim modern bordir, baju pesta, hijab, gamis muslima, dan berbagai model pakaian serta fungsinya.

Aneka ragam kain bahan busana batik tenun ikat songket, adi warna wastra Nusantara yang bhineka disukai dan dicintai di Indonesia, serta digemari diberbagai wilayah negara dan kota diantaranya ;

Réunion | Prancis | Tunisia | Filipina | Malaysia | Maroko | Belgia | Aljazair | Singapura | Kanada | Amerika Serikat | Swiss | Turki | Australia | Nigeria | Hong Kong | Selandia Baru | Uni Emirat Arab | Pakistan

India | Inggris Raya | Afrika Selatan | Korea Selatan | Irlandia | Taiwan | Belanda | Swedia | Thailand | Jerman | Arab Saudi | Italia | Jepang | Spanyol | Brasil | Polandia | Meksiko | Argentina | Vietnam | Rusia.

Plano | Bordeaux | Lyon | Toulouse | Paris | Sheridan | Tunis | Kota Quezon

Juga digemari dan dicintai sebagai produk unggulan kerajinan lokal yang terkenal di berbagai kota besar mancanegara dan di negeri sendiri, diantaranya ;

Kalimantan Utara | Kalimantan Barat | Papua | Kalimantan Tengah | Kalimantan Selatan | Kepulauan Bangka Belitung | Jawa Timur | Papua Barat | Bengkulu | Jambi | Sumatera Barat

Sulawesi Selatan | Daerah Istimewa Yogyakarta | Riau | Maluku | Jawa Tengah | Kalimantan Timur | Sumatera Selatan | Sumatera Utara | Lampung | Nusa Tenggara Timur | Aceh | Sulawesi Tengah

Kepulauan Riau | Daerah Khusus Ibukota Jakarta | Gorontalo | Jawa Barat | Nusa Tenggara Barat | Bali | Banten | Sulawesi Tenggara | Sulawesi Utara

Pontianak | Surabaya | Pekanbaru | Makassar | Yogyakarta | Palembang | Semarang | Medan | Bandar Lampung | Jakarta | Bandung | Kota Bekasi | Banjarmasin | Kediri | Depok | Samarinda | Padang | Jember | Balikpapan | Malang | Batam.

Aneka ragam jenis jenis tekstil tradisional batik, tenun ikat songket dan berbagai kain khas kedaerahan, hasil karya produk kerajinan lokal terkenal murah. Nusantara, negeri penghasil kerajinan khas buatan tangan memang tempatnya yang memiliki berbagai produk tekstil harga murah.

Selain murah, aneka model ragam hias dan motif batik, tenun dapat dipadukan, dimixing dengan ragam kombinasi tekstil modern hasil dari industri.

Ragam kain etnik jenis kerajian tekstil buatan tangan, seni batik dan tenun ikat songket juga telah lama menjadi inspirasi fashion, trend mode modern kontemporer terbaru kekinian.

Trend fashion mode baju model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun) dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawasan tradisional ini, dari ragam batik fabric art khas Nusantara.

Tertarik koleksi batik tulis  antik Laseman Rembang, Solo Surakarta, Jogja Pekalongan | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk kombinasi busana pakaian etnik?

Mau pesan batik tulis motif sendiri dengan teknik dan kekhasan tersendiri dari batik Solo Jogja, Pekalongan Lasem?

Mau pesan repro batik tulis lama, batik lawasan, batik kuno, batik bekas, batik klangenan, batik yang membawa pesan nostalgia dan kenangan?

Cari batik tenun harga murah permeter?

Informasi dan Kabar Selengkapnya Hubungi Kami!

Memiliki Koleksi Batik, Tenun Ikat, Aneka Model Kerajinan Tekstil Wastra Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

 

Incoming search terms:

  • cari pembuat ornamen dari semen di Batam