Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit

Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit

Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit | Ancala, Ardi, Argo, Dolok, Giri, Jabal | Ringgit, Arta Segunung, Dana, Doku, Duit, Negeri Fulus, Gudang Harta, Kapital, Kekayaan, Kepeng | Ragam Batik Laseman Rembang Jawa Tengah | Indonesia, Jakarta 2017

Contoh Gambar, Foto Kain Batik Tulis Lasem Gunung Ringgit Tiga Negeri, Kain Batik Tulis Lasem, Kain Batik Tulis Bahan Baju, Busana | Kemeja, Gamis, Kebaya, Kain Samping Tiga Negeri, Kain Bahan Busana Muslim Moderen.

Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit

BatikTigaNegeri.Com

 

Gunung dan Gunungan. Keduanya di negeri kepulauan Nusantara, negeri para perajin, negeri pusparagam seni kerajinan berbagai media visual memiliki makna keagungan dan mitos yang menyertainya.

Ancala, Ardi, deretan gunung-gunung di Indonesia, menyimpan ribuan cerita, baik bagi para pendakinya maupun kisah-kisah petualangan terkait dengan mitos, kepercayaan serta keagungan sebuah gunung.

Gunungan, merupakan pengantar, introduction dalam sebuah pergelaran seni Wayang Kulit. Memiliki bentuk persegi lima, di dalamnya tergambar simbol. Gunungan biasa tampil dalam berbagai permainan dan kisah wayang, misalnya wayang purwa, wayang gedog, wayang krucil, wayang golek, wayang suluh.

Gunungan memiliki dua jenis, Gunungan Blumbangan (wanita) dan Gunungan Gapuran (pria). Di balik jenis gunungan Blumbangan terdapat sunggingan, dimana di beberapa daerah, istilah sungging sama dengan membatik.

Sunggingan yang tergambar, menampilkan api yang sedang menyala. Ialah sebuah Candrasengkala yang berbunyi geni dadi sucining jagad | mengandung arti 3441. Jika dibalik menjadi 1443 tahun Saka.

Diartikan, gunungan dikreasikan oleh Sunan Kalijaga pada tahun 1443 Saka sama dengan 1521 Masehi pada masa pemarintahan Raden Patah.

Sedangkan Gunungan Gapuran dipakai pada masa pemerintahan Susuhunan Pakubuwono 2, dengan Candrasengkalan | Gapura lima retuning bumi | 1659 Jawa sama dengan tahun 1734 Masehi.

Foto Kain Bahan Pakaian Batik Tulis corak motif Gunung Ringgit Tiga Negeri, Kain Batik Tulis Laseman Rembang Jawa Tengah

Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit

BatikTigaNegeri.Com

 

Hampir setiap Giri menyimpan kisah dan cerita tersendiri ; kisah nyata para pendaki gunung, kisah mistis para pendaki gunung. Kisah petualangan pencarian harta karun, film berlatar gunung, mitos gunung emas Eufrat, juga menyimpan kisah-kisah cinta.

Dan kisah-kisah mitos gunung tak terlepas dari hutan, lengkap dengan kisah mitos penghuni serta penjaga hutan yang memiliki beragam perwujudan di berbagai sistem kepercayaan setempat serta kebudayaan, biasanya mahluk gaib seperti peri, mahluk halus, dan kedanyangan.

Gunung juga menyimpan tragedi romantika, Bromo, gunung Slamet, atau Selamet, gunung Andong, Tangkuban Parahu dan berbagai gunung yang tersebar hamparan bentala bumi milik Tuhan.

Dalam pengetahuan Islam, dan dalam bahasa Arab, gunung disebut Jabal, Quran menyimpan berbagai kisah kenabian terkait dengan gunung serta proses pewahyuan pertama. Di kalangan tasawuf, tersebut pula sebuah gunung yang bernama Qaf, gunung yang bertempat di dimensi spiritual.

Read More | Baca selengkapnya batik bernama Wahyu

Gunung ialah bentuk tanah yang menonjol lebih tinggi di atas wilayah sekitarnya. Gunung ialah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Ketinggian sebuah gunung biasanya diukur dari batas permukaan laut.

Encyclopaedia Britannica menyebutkan, dibutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Karena ketinggiannya, gunung, Giri, Ancala disebut pula sebagai simbol dan perlambang dari pencapaian. Ketinggian selain sebagai simbol dari pencapaian, kederajatan, tingkatan. Ketinggian merupakan bentuk dan wujud kedekatan antara bumi dengan langit.

Paduan simbolisasi antara bumi dengan langit terdapat di berbagai kisah adat, cerita rakyat, mitos, sistem kepercayaan, kebudayaan dan agama-agama.

Paduan simbolisasi kedekatan antara bumi dengan langit, jumbuhnya negeri marcapada dengan akasa, dalam bentuk karya seni logam pusaka khas Nusantara, berbentuk keris.

Keris yang sebenarnya mengandung paduan anasir negeri marcapada yang diwakili besi dan baja, dengan paduan anasir langit yang diwakili meteor sebagai bahan pamor.

Sedangkan batik Gunung Ringgit, batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit. Ialah selembar kain batik yang membawa pesan dan makna Giri, Gunung sebagai bentuk pencapaian, kederajatan yang dipadu dengan Ringgit sebagai simbol kesejahteraan.

Dapat diartikan, bahwa batik Gunung Ringgit Tiga Negeri, merupakan bentuk pengharapan, pesan dari sebuah hajat. Dimana bagi pemakainya, akan dikaruniai kesejahteraan, kederajatan serta kelimpahan dunia materi yang disimbolisasikan oleh ringgit.

Ringgit ialah mata uang Malaysia, pada Agustus 1975, nama Ringgit disahkan secara resmi sebagai nama mata uang Malaysia. Sebelumnya, uang dikenal sebagai dolar dalam bahasa Inggris dan ringgit dalam bahasa Melayu.

Dan istilah lokal secara umum bagi masyarakat Nusantara, negerinya para perajin, negerinya kerajinan tangan khas Indonesia, pada masa lalu juga memakai istilah Ringgit yang merujuk pada makna serta arti ; Arta, Dana, Doku, Duit, Fulus, Harta, Kapital, Kekayaan, Kepeng.

Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, dikerjakan dengan paduan tiga teknik batik berkelas. Dimana proses pembuatan batik, menurut sejarahnya dikerjakan di tiga tempat yang berbeda. Tiga tempat yang disebut sebagai negeri batik ; negeri batik Solo, Pekalongan, Lasem.

Read More | Baca selengkapnya batik tiga warna dari tiga negeri batik

Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit | Batik Khas Kota Lasem Rembang

Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, merupakan narasi kisah batik yang tertuang dari teraan ragam hias motif-motif khas batik Lasem. Dikerjakan, diolah secara khusus, sebagai batik tulis khas asli asal kota Lasem kabupaten Rembang propinsi Jawa Tengah di Indonesia.

Read More | Baca selengkapnya batik Lasem dan penjelasannya | Batik Lasem Rembang

Kota Lasem, kota pesisiran utara Jawa memiliki ragam hasil karya seni kerajinan tangan tekstil tradisional batik dengan kekhasannya, salah satunya dituangkan dalam rekaman motif yang diisyaratkan batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit.

Di pesisir utara Jawa selain kota Lasem, berbagai kota sentra penghasil batik khas memiliki pusparagam motif dan corak-corak rona warna batik berciri khas serta berkarakteristik tulisan lukisan yang diterakan dengan rasa seni tersendiri.

Pekalongan Jawa Tengah, Cirebon Indramayu termasuk provinsi Jawa Barat Indonesia merupakan beberapa daerah penghasil batik pesisiran utara pulau Jawa.

Ciri khas batik Lasem dan penjelasannya. Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, batik khas dari kota Lasem, memiliki goresan motif, teraan pola disain motif dan rona warna berlatar belakang pengaruh budaya tradisi Tionghoa.

Pengaruh tradisi budaya Tionghoa dari hubungan dagang pada masa lalu antara penduduk lokal dengan pedagang dari negeri Cina yang sekarang menjadi negara Republik Rakyat Tiongkok. Merupakan bagian dari penafsiran pengertian batik Lasem, serta perjalanan sejarah batik Lasem.

Pengaruh tradisi budaya Tionghoa paduan budaya lokal menjadi ciri khas karakteristik batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit. Dimana lazimnya karakteristik ciri batik tulis khas Lasem memiliki rona corak warna Merah Jengger Ayam dan motif-motif gambar varian lukisan bebas dan berani.

Diantara motif-motif batik tulis Lasem paduan pengaruh tradisi budaya Tionghoa ialah ; motif Liong, Lok Can, Feng Huang, Hong, Phoenix dan beragam motif lainnya yang dikenal juga sebagai batik lasem murah, batik alusan dengan harga terjangkau yang banyak dijual secara online atau biasa dicari dengan pencarian batik lasem online.

Corak pilihan ragam rona warna batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, khas kota Lasem mengungkapkan pesan lukisan dari gambaran harmoni perpaduan tradisi dan budaya antara tradisi budaya lokal dengan budaya dari luar yang diterakan pada ragam motif batik tulis Lasem.

Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit khas kota Lasem menjadi ciri tersendiri sebagai batik berkelas. Serta berbeda corak warna dan motif dengan batik Yogyakarta, Solo Surakarta, yang sama-sama sebagai batik khas Jawa.

Read More | Bandingkan dengan batik tulis Solo asli klasik

Dimana membatik merupakan kegiatan seni rupa seperti kreasi seni pahatan, gubahan dalam wujud karya seni media visual. Dan pulau Jawa, Nusantara pada umumnya ialah negeri seni rupa kerajinan kaya pusparagam karya sebagai khasanah kebhinekaan.

Read More | Baca selengkapnya Batik Solo Surakarta Hadiningrat

Pusparagam Batik Tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit | Batik Khas Kota Lasem Rembang

Pusparagam batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, corak-corak rona warna batik khas Laseman Rembang merupakan karya seni kerajinan tekstil buatan tangan berkualitas tinggi.

Kualitas karya seni rupa kerajinan tekstil batik tulis Lasem Rembang mengungkap makna filosofi terkandung pada motif-motif ragam hias dan corak warna yang dituangkan dalam selembar kain batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit.

Isyarat ungkapan pesan perlambang, dan simbolisasi estetis gubahan ragam hias motif-motif khas batik tulis Lasem, berciri khas dengan varian motif bebas dan corak warna bernyali dan berani, sebagai batik egaliter.

Menempatkan daftar harga batik tulis Lasem sebagai batik berkelas tersendiri, namun kota ini juga terkenal sebagai daerah penghasil batik tulis harga murah dan terjangkau.

Sebagai penghasil ragam batik tulis murah, daftar batik Lasem murah merupakan pilihan daftar jual beli belanja fashion yang tepat untuk koleksi busana berkelas dengan harga terjangkau.

Ragam hias motif khas batik tulis Laseman Rembang egaliter, bebas di pakai sebagai kain bahan busana berbagai kalangan, bukan saja dari kalangan kaum ningrat pada masa tradisional sejarah batik keratonan.

Berbagai ragam model clothing garment, pakaian, blus (blouse), kebaya, baju pesta, baju batik Lasem, dibuat memakai bahan kain batik tulis khas lasem.

Berbagai kegiatan exhibition, pameran, pekan busana menampilkan ragam hias keindahan motif-motif dan corak rona warna batik khas kota Lasem diperagakan model peragawan peragawati.

Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit salah satu pusparagam ornamen-ornamen ragam hias motif khas batik Indonesia, dimana batik Indonesia memiliki khasanah kekayaan ragam hias dengan corak-corak rona warna dan motif berbeda di tiap daerah yang bhineka.

Motif kupu-kupu (butterfly), kutu serangga, geometri, flora fauna dan berbagai motif dikembangkan dengan perjalanan sejarahnya merupakan ragam hias motif batik tulis yang menjadi inspirasi  trend fashion global.

Read More | Lihat selengkapnya koleksi fashion kain batik di toko batik online

Batik tulis Lasem berbeda dengan jenis batik printing, meski sama-sama sebagai suatu bentuk dari visual art form.

Batik tulis khas Laseman amat diminati berbagai kota dan wilayah, diantaranya ; Jakarta | Semarang | Bandung | Daerah Istimewa Yogyakarta | Surabaya | Jawa Timur | Jawa Tengah | Jawa Barat | Pulau Madura | Pulau Bali

Batik tulis Lasem Tiga Negeri Gunung Ringgit, sebagai batik koleksi patut dipertimbangkan menjadi bagian dari antologi narasi koleksi barang-barang antik bagi pribadi berkelas tersendiri.

Batik Air, sebagai salah satu maskapai penerbangan swasta dan maskapai penerbangan lainnya. Batik Air menerakan nama batik, dan memakai batik sebagai ikon seragam pramugarinya, dan berbagai kain khas kedaerahan asli Indonesia sebagai citra budaya bhineka asli Nusantara.

Batik tulis Lasem dan berbagai kain khas kedaerahan, pusparagam wastra Nusantara telah menjadi destinasi tujuan wisata. Sebagai warisan budaya leluhur yang patut terjaga, terpelihara dan lestari.

Aneka model busana modern, ragam jenis pakaian tradisional berbagai gaya kontemporer terbaru kekinian di buat dari inspirasi ragam hias jenis motif kain batik khas Indonesia.

Batik adalah kain seni kerajinan tradisional Indonesia yang menjadi trend global dunia. Berbagai trend mode fashion terinspirasi dari kain etnik tradisional yang dibuat dengan cara khas ini.

Trend fashion mode baju model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun) dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawasan tradisional ini, ragam batik Nusantara yang terkenal.

Tertarik koleksi batik tulis  antik Laseman Rembang, Solo Surakarta, Jogja Pekalongan | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk kombinasi busana pakaian etnik?

Mau pesan batik tulis motif sendiri dengan teknik dan kekhasan tersendiri dari batik Solo Jogja, Pekalongan Lasem?

Mau pesan repro batik tulis lama, batik lawasan, batik kuno, batik bekas yang mengandung banyak nostalgia dan kenangan?

Cari batik tenun harga murah permeter?

Read More | Baca selengkapnya kain khas Tenun Ikat Songket Troso Jepara

Informasi Selengkapnya Hubungi Kami!

Memiliki Koleksi Kain Batik, Kain Tenun Ikat, Aneka Barang Kerajinan Tekstil Khas Nusantara, Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

 

Incoming search terms:

  • motif gunung Ringgit pring
  • sarung batik perempuan tahun 2000 an