Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

Batik Tulis Lasem Rembang | Pusparagam Batik Tulis Pakem Klasik | Di Antara Antologi Kekhasan Ragam Batik Tulis Indonesia, Batik Tulis Jogja, Solo, Pekalongan, Banyumas, Dan Berbagai Batik Khas Daerah | Batik Laseman Rembang Jawa Tengah, Jakarta 2017

Gambar Batik Hong, Batik Burung Feniks, Phoenix khas Lasem | Berkarakteristik Rona Corak Warna Bang Bangan Lasem, Merah Jengger  Ayam, 红色 Hóngsè : Merah

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

BatikTigaNegeri.com

 

Narasi sejarah batik tulis Lasem dimulai dari kisah pelawatan armada besar Laksamana Cheng-Ho sebagai duta untuk kaisar Cina dari Dinasti Ming.

Kehadiran Laksamana Cheng-Ho beserta rombongan iringan armadanya bertujuan merajut dan menjalin hubungan bilateral dengan kerajaan Majapahit dalam bidang perdagangan dan budaya.

Sejak kehadiran sang Laksamana, sepasang suami istri Bi Nang Un bersama Na Li Ni  tinggal dan menetap di Lasem sekitar antara tahun 1400. Dari duo sejoli inilah seni penulisan di kain dengan cara khas yang disebut dengan batik tulis dikenalkan.

Perkembangan batik tulis di Lasem kemudian diperkuat dengan visit seorang saudagar, kafilah dagang dari Tiongkok pada tahun 1600-an, dimana ia dikenal sebagai seorang kreator, ahli gambar dan ahli seni kaligrafi.

Foto Gambar Batik Naga, Biasanya Dipasangkan Dengan Hong, Phoenix | Batik khas Lasem | Berkarakteristik Rona Corak Warna Bang Bangan Lasem, Merah Jengger  Ayam, Warna Getih Pithik, 红色 Hóngsè : Merah

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

BatikTigaNegeri.Com

 

Darinya motif-motif batik Lasem yang telah ada sebelumnya makin dikembangkan. Motif flora dan fauna China Naga atau Liong, burung Api atau Hong, Seruni, Krisan dikenalkan.

Read More | Baca selengkapnya batik Lasem Naga

Beragam tulisan indah, atau kaligrafi Cina atau Sinografi yang melambangkan simbol simbol dan karakter China Tionghoa di Lasem, semula telah dikenal sejak datangnya armada Cheng-Ho juga lebih dikembangkan lagi.

Sinografi, kaligrafi yang dikenalkan juga melambangkan harapan, tolak bala, penangkal musibah serta bermaksud sebagai doa yang dituliskan. Secara fungsional selain indah dengan karakteristiknya, juga dipercaya sebagaimana manfaat dari tulisan rajah.

Batik Lasem berkarakteristik dengan ciri yang berbeda dari batik tulis Jogja Solo, Pekalongan, Banyumas, maupun batik khas dari daerah kota lain. Oleh masyarakat Lasem, biasa disebut batik tulis Kendoro Kendiri atau batik Laseman Pesisiran.

Read More | Baca selengkapnya batik Lasem Hong

Batik tulis Lasem memiliki pakem klasik atau variasi berbeda dengan batik biasanya.

Batik ini memiliki corak rona warna khas tersendiri, dengan pewarnaan lebih berani serta dipadukan dengan motif-motif khas Lasem, paduan antologi motif pesisir dan motif Tionghoa yang indah dan elegan, seperti batik bunga Krisan, atau batik bunga Seruni.

Read More | Baca selengkapnya batik Lasem lawasan, bunga Seruni

Batik Lasem berbeda dengan jenis batik Forstenlanden. Adalah jenis batik bermotif khas ningrat atau berpusat dari motif-motif kerajaan, keratonan. Seperti batik Solo, Yogyakarta, Banyumas, dan Wonogiri.

Foto Gambar Batik Naga Rona Corak Warna Kuning, 黄色 Huángsè : Kuning | Biasa Dipasangkan Dengan Hong, Phoenix | Batik khas Lasem | Umumnya Batik Lasem Dengan Karakteristik Rona Corak Warna Bang Bangan Lasem, Merah Jengger  Ayam, Warna Getih Pithik

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

BatikTigaNegeri.Com

 

Saat masa pendudukan Belanda, kota Lasem merupakan salah satu dari lima besar daerah sentra penghasil batik termasuk Solo, Yogyakarta, Pekalongan, serta Banyumas.

Pada masa itu batik Lasem menyebar ke empat daerah di Indonesia, seperti Manado, Sumatera bahkan sampai ke Malaysia, Singapura, Brunei dan Suriname.

Popularitas batik Lasem di Suriname di bawa oleh orang-orang dari Pulau Jawa yang dibawa oleh Belanda untuk kerja paksa dan menetap di Suriname.

Nuansa warna, impresi rona warna batik Lasem, amat kental dengan corak warna menurut tradisi khas budaya Tionghoa.

Salah satu warna khas yang terkenal adalah bang bangan Lasem, yang biasanya disebut dengan warna khas Merah Jengger Ayam, warna Getih Pithik, warna darah Ayam.

Warna merah yang sering dipakai sebagai warna  dasar batik dianggap memiliki makna yang baik oleh masyarakat Cina. Rona corak warna merah menggambarkan semangat, antusias dan keceriaan, kegembiraan, kecerahan dalam kehidupan, simbol warna merah = 红色 Hóngsè.

Warna merah disebut pula dengan Hong, atau 红色 Hóngsè = Merah. Dipercaya membawa tuah jika dipakai terutama pada hari besar, upacara adat, ritual menurut tradisi etnis Tionghoa.

Warna merah dipakai sebagai simbol kemegahan, melambangkan keteguhan apabila digunakan pada logo-logo, lencana, bendera, warna arsitektur bangunan dan juga pada batik Tionghoa di Lasem.

Warna merah menjadi lambang kebajikan. Selain merah juga ada warna kuning yang dipercaya dan dianggap penting. Warna kuning dipercayai untuk menolak bala, mengusir setan serta simbol perempuan.

Ilustrasi Foto Gambar Batik Tulis Lasem, Batik Lok Can | Batik khas Lasem | Berkarakteristik Rona Corak Warna Bang Bangan Lasem, Merah Jengger  Ayam, Warna Getih Pithik, 红色 Hóngsè : Merah

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman Rembang

BatikTigaNegeri.Com

 

Berikut adalah penjelasan beberapa filosofi warna penting menurut tradisi Tionghoa.

白色 Báisè : Putih

Warna putih menurut tradisi budaya Cina melambangkan kematian, nasib buruk, kegagalan, kesialan dan kebodohan. Putih merupakan warna dominan yang ditampikan di pemakaman Cina.

黑色 Hēisè : Hitam

Warna hitam melambangkan keagungan, kesetaraan, keadilan dan kesungguhan. Dalam drama tradisional Cina, aktor yang wajahnya di cat hitam, memainkan peran karakter yang benar dan adil. Biasanya sebagai hakim.

红色 Hóngsè : Merah

Warna merah melambangkan antusiasme, semangat serta keberuntungan.

Pernikahan, mantenan tradisional Cina dianggap menguntungkan untuk pengantin perempuan jika memakai baju pengantin warna merah.

Sedang bagi mempelai pengantin pria merupakan simbol dan perlambang antisipasi kebahagiaan.

黄色 Huángsè : Kuning

Warna Kuning simbol kesetiaan, kesungguhan serta kesucian. Bagi kepercayaan tradisi budaya Cina, jubah naga berwarna kuning merupakan tempat persembunyian resmi seorang kaisar. Kuning juga merupakan simbol dari kekuasaan kekaisaran, kedaulatan.

Baca pula Nama lain batik Naga

绿色 Lǜsè : Hijau

Warna hijau perlambang kehidupan, perdamaian, vitalitas. Hijau memiliki konotasi pada kedua budaya, Cina dan Barat. Warna dalam peribahasa ungkapan Cina berhubungan dengan pertanian.

Warna 红色 Hóngsè : Merah batik tulis Lasem  merupakan bagian penting dari tiga anasir paduan batik serba tiga, batik tiga serangkai, batik tiga negeri, atau batik tiga warna.

Ragam batik tiga negeri, atau dikenal dengan sebutan batik tiga serangkai, kain samping tiga nagri, merupakan jenis batik berkelas. Dan batik lawas tiga nagri tergolong sebagai bagian dari daftar batik kuno termahal diantara ragam jenis batik lainnya.

Batik tiga negeri Tjoa, termasuk dalam daftar harga kain batik tiga negeri dengan pattern Tjoa yang memiliki nilai jual dalam kelas batik lawasan dengan nilai tersendiri.

Tiga Warna adalah batik yang dibuat dengan paduan corak warna Sogan Solo, merah jengger ayam khasnya batik Lasem, warna biru khas batik Pekalongan menjadi batik tiga negeri.

Read More | Baca selengkapnya batik tulis Solo asli lawas Sogan

Paduan serba tiga anasir corak batik tak hanya pada corak warna dengan teknik pencelupan dan cara pembuatan dengan kekhasannya.

Dalam perkembangannya, corak, motif pusparagam adiwarna batik Indonesia, batik tiga negeri dapat dibuat di masing-masing sentra penghasil batik.

Batik tiga negeri Pekalongan dengan kekhasannya, batik tiga warna khas Solo, batik 3 negeri Lasem.

Pekalongan dan Lasem yang terkenal sebagai penghasil batik pesisiran pulau juga memiliki ragam keindahan gambar batik Pagi Sore, Siang Malam.

Read More | Baca selengkapnya Batik Tiga Negeri

Batik Tulis Lasem | Batik Laseman, Kota Tua Lasem Rembang Jawa Tengah

Batik tulis Lasem, merupakan narasi cerita sejarah batik yang tertuang dari torehan ragam hias motif-motif khas batik Lasem. Dikerjakan, diolah secara khusus, sebagai batik tulis khas asli asal kota tua Laseman Rembang Jawa Tengah Indonesia.

Read More | Baca selengkapnya batik Lasem dan penjelasannya | Batik Lasem Rembang

Kota Lasem, ialah kota pesisiran utara Jawa yang memiliki ragam hasil karya seni kerajinan tangan tekstil tradisional batik dengan kekhasan batik varian motif bebas dan corak rona warna berani.

Di pesisir utara Jawa selain kota Lasem, berbagai kota sentra penghasil batik khas memiliki pusparagam motif dan corak-corak rona warna batik berciri khas serta berkarakteristik tulisan lukisan yang diterakan dengan rasa seni tersendiri.

Pekalongan Jawa Tengah, Cirebon Indramayu termasuk provinsi Jawa Barat Indonesia merupakan beberapa daerah penghasil batik pesisiran utara pulau Jawa.

Ciri khas batik Lasem dan penjelasannya. Batik tulis Lasem, batik khas dari kota Lasem memiliki goresan sketsa pola motif, teraan pola disain motif dengan rona warna dari pengaruh budaya tradisi Tionghoa.

Pengaruh tradisi budaya Tionghoa bermula dari hubungan dagang pada masa lalu, antara penduduk lokal dengan pedagang dari negeri Cina yang telah menetap dan membaur di Lasem sampai sekarang, merupakan perjalanan sejarah batik Lasem.

Pengaruh budaya Tionghoa yang berpadu dengan budaya lokal, menjadi kekhasan tersendiri karakteristik ciri batik tulis Lasem.

Dimana lazimnya karakteristik ciri batik tulis khas Lasem memiliki rona corak warna Merah Jengger Ayam, warna Getih Pithik, disebut pula dengan bahasa lokal, bang bangan Lasem, serta memiliki varian motif bebas dan warna berani.

Batik tulis Lasem Sekar Mulyo, Sekar Jagad, motif khas Babagan, kawung Mbagan, kawung Suketan, kawung, Latohan, dan motif-motif pengaruh dari tradisi Tionghoa.

Motif tradisi Tionghoa diantaranya Liong, Kilin, Hong atau Feniks, Phoeniks.

Read More | Baca selengkapnya batik kuno bledhakan burung Phoenix, burung Hong

Liong, Kilin, Hong atau Feniks, Phoeniks adalah tiga mahluk mitos yang amat penting kedudukannya menurut tradisi Tionghoa.

Motif ketiganya merupakan kekhasan batik Lasem yang dituangkan pada lembaran-lembaran batik tulis khas Laseman Rembang sejak lama.

Dan motif motif khas yang terjaga sampai kini pada batik lama umumnya dikenal dengan batik lawas, batik lawasan Lasem. Menjadi inspirasi ragam hias sampai sekarang dan berkembang menjadi berbagai varian motif batik modern kontemporer.

Diantara motif-motif batik tulis Lasem paduan pengaruh tradisi budaya Tionghoa ialah ; motif Liong, Lok Can, Feng Huang, Hong, Phoenix.

Beragam motif lainnya dibuat di tua Lasem, yang dikenal juga sebagai batik lasem murah, batik alusan dengan harga terjangkau yang banyak dijual secara online atau biasa dicari dengan pencarian batik lasem online.

Corak pilihan ragam rona warna batik tulis Lasem, menunjukkan kekhasan budaya kota tua Lasem yang mengungkapkan pesan lukisan dari gambaran harmoni perpaduan tradisi dan budaya. Antara tradisi budaya lokal dengan budaya dari luar yang diterakan pada ragam hias motif batik tulis.

Batik tulis Lasem, khasnya batik kota Lasem menjadi ciri tersendiri sebagai batik berkelas. Serta berbeda corak warna dan motif dengan batik Yogyakarta, Solo Surakarta, Pekalongan, Banyumas yang sama-sama sebagai batik khas Jawa.

Read More | Baca selengkapnya Batik Solo Surakarta Hadiningrat

Membatik tak ubahnya kegiatan seni rupa seperti kreasi seni pahatan, sebagai gubahan dalam wujud karya seni media visual. Dan pulau Jawa, Nusantara pada umumnya ialah negeri seni rupa kerajinan, yang kaya antologi karya sebagai khasanah kebhinekaan.

Pusparagam Batik Tulis Lasem | Batik Khas Kota Lama Lasem, Rembang Jawa Tengah

Pusparagam batik tulis Lasem, corak-corak rona warna batik Laseman Rembang merupakan karya seni kerajinan tekstil buatan tangan berkualitas tinggi.

Kualitas karya seni rupa kerajinan tekstil batik tulis Lasem Rembang mengungkap makna filosofi terkandung pada motif-motif ragam hias dan corak warna yang dituangkan dalam selembar kain batik tulis Lasem.

Isyarat ungkapan pesan perlambang, dan simbolisasi estetis gubahan ragam hias motif-motif khas batik tulis Lasem, berciri khas dengan varian motif bebas dan corak warna bernyali dan berani, sebagai batik egaliter.

Menempatkan daftar harga batik tulis Lasem sebagai batik berkelas tersendiri, namun kota ini juga terkenal sebagai daerah penghasil batik tulis harga murah dan terjangkau.

Sebagai penghasil ragam batik tulis murah, daftar batik Lasem murah merupakan pilihan daftar jual beli belanja fashion yang tepat untuk koleksi busana berkelas dengan harga terjangkau.

Ragam hias motif khas batik tulis Laseman Rembang egaliter, bebas di pakai sebagai kain bahan busana berbagai kalangan, bukan saja dari kalangan kaum ningrat pada masa tradisional sejarah batik keratonan.

Berbagai ragam model clothing garment, pakaian, blus (blouse), kebaya, baju pesta, baju batik Lasem, dibuat memakai bahan kain batik tulis khas lasem.

Berbagai kegiatan exhibition, pameran, pekan busana menampilkan ragam hias keindahan motif-motif dan corak rona warna batik khas kota Lasem diperagakan model peragawan peragawati.

Batik tulis Lasem memiliki narasi, antologi kisah dan cerita dari ornamen-ornamen ragam hias yang menjadi bagian dari ragam motif khas batik Indonesia yang telah menjadi trend global fashion, trend adi busana.

Motif kupu-kupu (butterfly), kutu serangga, geometri, flora fauna dan berbagai motif dikembangkan dengan perjalanan sejarahnya merupakan ragam hias motif batik tulis yang menjadi inspirasi  trend fashion global.

Read More | Lihat selengkapnya koleksi fashion kain batik di toko batik online

Batik tulis Lasem berbeda dengan jenis batik printing, meski sama-sama sebagai suatu bentuk dari visual art form.

Batik tulis khas Laseman amat diminati berbagai kota dan wilayah, diantaranya ; Jakarta | Semarang | Bandung | Daerah Istimewa Yogyakarta | Surabaya | Jawa Timur | Jawa Tengah | Jawa Barat | Pulau Madura | Pulau Bali

Batik tulis Lasem lawas, sebagai batik koleksi patut dipertimbangkan menjadi bagian dari antologi narasi koleksi barang-barang antik bagi pribadi berkelas tersendiri.

Batik Air, sebagai salah satu maskapai penerbangan swasta dan maskapai penerbangan lainnya. Batik Air menerakan nama batik, dan memakai batik sebagai ikon seragam pramugarinya, dan berbagai kain khas kedaerahan asli Indonesia sebagai citra budaya bhineka asli Nusantara.

Batik tulis Lasem dan berbagai kain khas kedaerahan, pusparagam wastra Nusantara telah menjadi destinasi tujuan wisata. Sebagai warisan budaya leluhur yang patut terjaga, terpelihara dan lestari.

Aneka model busana modern, ragam jenis pakaian tradisional berbagai gaya kontemporer terbaru kekinian di buat dari inspirasi ragam hias jenis motif kain batik khas Indonesia.

Batik adalah kain seni kerajinan tradisional Indonesia yang menjadi trend global dunia. Berbagai trend mode fashion terinspirasi dari kain etnik tradisional yang dibuat dengan cara khas ini.

Trend fashion mode baju model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun) dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawasan tradisional ini, ragam batik Nusantara yang terkenal.

Tertarik koleksi batik tulis  antik Laseman Rembang, Solo Surakarta, Jogja Pekalongan | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk kombinasi busana pakaian etnik?

Mau pesan batik tulis motif sendiri dengan teknik dan kekhasan tersendiri dari batik Solo Jogja, Pekalongan Lasem?

Mau pesan repro batik tulis lama, batik lawasan, batik kuno, batik bekas yang mengandung banyak nostalgia dan kenangan?

Cari batik tenun harga murah permeter?

Read More | Baca selengkapnya kain khas Tenun Ikat Songket Troso Jepara

Informasi Selengkapnya Hubungi Kami!

Tag : #batiktulis #batikLasem #batiktulisLasem #batiktulisLaseman #batiktiganegeri #batik3negeri

Memiliki Koleksi Kain Batik, Kain Tenun Ikat, Aneka Barang Kerajinan Tekstil Khas Nusantara, Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

Incoming search terms:

  • Batik burung phoenix
  • Batik phoenix
  • Kain batik gambar 2 naga lawas