Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam

Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam

Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam | Warna Kalem Batik | Corak Batik, Corak Batik Bunga, Corak Batik Modern | Corak Batik Terkini, Ragam Batik Solo, Batik Tulis Solo Lawasan | Ragam Batik Khas Indonesia, Jakarta 2017

Read More | Baca selengkapnya corak batik bunga modern

Corak warna batik Sogan terkesan seperti rona rona corak warna kelam, gradasi warna coklat tua kehitam-hitaman ke warna putih, kekuningan keemasan, namun bukanlah warna kuning sebenarnya pada batik.

Nuansa warna, aksen warna yang terlihat kelam, sebenarnya merupakan warna yang kalem, warna hangat, warna bumi, warna semburat sinar mentari di pagi hari yang berwarna keemasan kekuning kuningan.

Read More | Lihat pula pewarna Soga

Foto gambar corak warna batik Sogan lawasan | Batik lawas Solo asli | Batik lawas Sogan Jogja memiliki ciri khasnya, biasanya berlatar putih dan dominan dengan latar putih mendekati putih sedikit krem

Read More | Lihat selengkapnya batik tulis Solo Klasik

Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam

BatikTigaNegeri.Com

 

Dalam Serat Wirid Hidayat Jati, warna kekuningan keemasan bagian dari simbol keraton bangsa burung, bangsa mahluk penerbang. Adalah warna lokus dari perjalanan rohani setelah tersingkapnya alam Siriyah.

Dinyatakan secara indah dalam pepatah : Karaton kang rinakit kang katingal cahya Jene, punika karaton dating peksi miwah bangsa iber-iberan

Terdapat lima warna penting sebagai sebagai simbol dalam Serat Wirid Hidayat Jati yang memiliki beragam apresiasi dalam budaya dan tradisi sesuluk Jawa, juga membawa pengaruh pada corak warna adi busana budaya Jawa beserta apresiasinya.

Corak warna warna tersebut merupakan simbol simbol warna yang telah dikenal sebelum hadirnya Islam di tanah Jawa, dan dalam perkembangannya kemudian diolah kembali oleh para wali sembilan.

Kelima corak warna tersebut adalah ; hitam, merah, kuning, putih dan hijau.

Sedangkan penggambaran simbol warna menurut jenis nafsu, hanya disebutkan empat jenis warna penting ;

  1. Warna Hitam simbol dari nafsu Lawwamah
  2. Warna Merah simbol dari nafsu Amarah
  3. Warna Kuning simbol dari nafsu Sufiyah
  4. Warna Putih simbol dri nafsu Muthmainah

Read More | Baca juga kelima filosofi warna penting menurut tradisi Tionghoa batik Lasem

Sejak hadirnya Islam di tanah Jawa, dakwah Islam oleh wali sembilan, yang semula berjumlah sepuluh tanah Jawa dapat disebut pula sebagai Negeri Wali Sembilan.

Read More | Lihat pula tiga negeri batik

Dakwah Islam oleh para wali sembilan di tanah Jawa membawa pengaruh Islamisasi tradisi budaya Jawa termasuk ragam adibusana tradisi Jawa yang berpusat di keraton keraton Jawa sebagai pusat tradisi dan kebudayaan.

Gambar batik tulis Solo Sido, corak warna batik Sogan |  Ragam jenis motif Sido, Sidomukti, Sidoluhur,Sidomulyo, Sido Asih | Batik tulis Lawasan asli Solo Surakarta Hadingrat motif batik Sidomukti

Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam

BatikTigaNegeri.Com

 

Motif Batik Dan Penjelasannya :

Batik tulis Sido Mukti | Motif batik tulis, motif utama : Kupu kupu | Isen-isen motif batik : Kotak2 berisi lar kecil, kupu serangga, bunga, gedung, gedongan, bangunan | Variasi lung, bebungaan

Jenis teknik pengerjaan, cara membuat batik tulis asli memakai Cantingan : Ukel, Ukelan | Tumpal : Tidak ada | Pinggiran : Tidak ada | Kain bahan : Katun Primisima Kereta Kencana | Ukuran dimensi : lebar 105 cm panjang 250cm

Bahan dan teknik pewarna yang digunakan : Pewarna alam, warna alami | Pada masanya dipakai sebagai busana : Jarik, kebaya, bawahan, kain samping, kain nyampingan, busana wedding, batik wedding atau batik pernikahan | Usia atau tahun pembuatan : perkiraan dibuat pada tahun 1960

 

Corak batik Sogan, terkesan kelam dan suram yang sebenarnya adalah corak warna kalem dengan gradasi warna kekuningan keemasan seperti rona warna cahaya mentari di pagi hari.

Warna warna coklat yang menjadi simbol warna tanah, warna darah yang telah mengering seolah mirip dengan corak warna coklat seragam Pramuka.

Sebenarnya juga, termasuk jenis warna penuh kekhidmatan dan kekhususkan sebagaimana tradisi budaya Jawa yang memiliki lebih banyak perhatian pada aspek bathiniah, baik sebagai bentuk ekspresi maupun impresi warna.

Sengketa Warisan | Corak Warna Batik Sogan | Rona Corak Warna Kelam

Pusparagam corak warna batik Sogan yang menjadi salah satu trend fashion global, dan mewarnai beragam jenis motif batik Bunga, motif motif corak batik modern, corak batik terkini semula terlahir dari sebuah sengketa warisan.

Tak ada perjalanan sebuah kerajaan, keraton, negara, kekuasaan yang mulus tanpa sengketa warisan dalam sejarah peradaban. Sedemikian pula dengan perjalanan sejarah keraton, kerajaan kerajaan di Nusantara, khususnya dalam hal ini di tanah Jawa.

Sengketa warisan, pergolakan bangsa bangsa, pergiliran kekuasan telah dikodratkan oleh Tuhan menjadi bagian dari nasib manusia yang mesti diterima. Sedemikian pula dengan sejarah keraton keraton Jawa yang juga membawa pengaruh pada ragam adibusana.

Sejak perjanjian Giyanti pada kurun masa 1755, melahirkan Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Ragam dari sistem tradisi bertata adi busana yang didalamnya adalah termasuk batik, terpusat di Keraton Yogyakarta.

Read More | Baca selengkapnya sejarah batik Solo Surakarta Hadiningrat

Kasunanan Surakarta kemudian menemukan corak warna, motif batik yang menjadi ciri khas karakteristiknya sendiri. Corak warna batik Sogan, motif motif batik Keraton Surakarta berkembang dengan ragam inovasi, dengan berbagai proses penemuan motif batik.

Dan meskipun terjadi perbedaan diantara keduanya, beberapa jenis motif motif pakemnya memiliki kemiripan dengan motif batik Keraton Yogyakarta.

Pada kurun tahun 1813, di Yogyakarta sendiri juga muncul Kadipaten Pakualaman di Yogyakarta, sebab sengketa Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Letnan Gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles.

Namun, sengketa perpecahan tak menyebabkan perbedaan perbedaan mencolok pada perkembangan motif batik antara keduanya.

Batik tradisional Kasultanan Yogyakarta memiliki ciri khas karakteristik dengan tampilan corak warna dasar putih yang mencolok bersih. Pola geometri Keraton Kasultanan Yogyakarta khas, ukurannya besar-besar dan lebar, sebagian besar diantaranya diperkaya dengan parang dan nitik.

Bilamana warna gradasi putih gading atau warna putih, seperti corak corak warna batik Bledak semacam menjadi ciri khas batik Kasultanan Yogyakarta, maka warna gradasi putih kecoklatan atau krem menjadi ciri khas batik Keraton Surakarta.

Read More | Lihat juga batik Bledakan Lasem

Sementara batik di Puro Pakualaman merupakan perpaduan antara pola batik Keraton Kasultanan Yogyakarta dan corak warna batik Sogan khas Keraton Surakarta.

Perpaduan ini dimulai sejak hubungan antar keluarga yang erat antara Puro Pakualaman dengan Keraton Surakarta ketika Sri Paku Alam VII mempersunting putri Sri Susuhunan Pakubuwono X.

Dari seorang putri Keraton Surakarta inilah yang memberi warna inspiratif dan nuansa Surakarta pada batik Pakualaman, hingga akhirnya terjadi perpaduan keduanya.

Dua pola batik yang terkenal dari Puro Pakulaman, yakni Pola Candi Baruna yang tekenal sejak sebelum tahun 1920 dan Peksi Manyuro merupakan ciptaan RM Notoadisuryo.

Sedangkan pola batik Kasultanan yang terkenal, antara lain: Ceplok Blah Kedaton, Kawung, Tambal Nitik, Parang Barong Bintang Leider, beragam motif khas corak warna batik Sogan.

Pusparagam Corak Warna Batik Sogan | Motif Batik Sogan Solo Genes

Corak warna batik Sogan, yang mewarnai beragam motif batik Sogan, motif batik Sogan Solo, motif batik Sogan Genes, corak Sogan batik modern, juga berkembang di berbagai daerah lain.

Batik Sogan Pekalongan Cirebonan, Laseman dan berbagai daerah sentra batik yang memakai corak warna Sogan dengan ciri dan kekhasannya di masing masing daerah.

Corak warna batik Sogan terdapat pada batik Sogan sarimbit, gamis batik Sogan, dress batik Sogan. Setiap motif dan corak khas daerah dengan warna Sogan merupakan bentuk narasi dan cerita dengan kekhasannya sendiri.

Corak warna batik Sogan kebanyakan dipadukan dengan corak batik hitam putih. Ragam jenis motif batik dengan warna Sogan yang dibuat juga beragam jenis, mulai dari motif corak batik mudah, hingga yang paling rumit, misalnya teknik Ukel, Gringsingan.

Sedangkan corak batik Sogan modern, dengan ragam motif batik yang mudah digambar, sketsa motif motif sederhana memiliki rentang harga lebih murah dibanding dengan ragam jenis batik Sogan asli tulis.

Pusparagam batik Sogan modern biasanya memakai ragam motif kombinasi, varian motif motif dinamis yang merupakan motif peralihan atau motif paduan batik terbaru tanpa pakem nama pakem motif batik.

Sedang nama motif batik dan gambarnya, yang disertai dengan deskripsi penjelasan latar belakang bagaimana sebuah motif batik dibuat biasanya terdapat pada ragam jenis motif batik lawas.

Read More | Lihat Selengkapnya ragam batik lawas

Ragam batik lawas, atau disebut juga dengan batik lawasan, batik antik merupakan jenis ragam lukisan batik, yang dibuat dengan ketelitian tinggi, kesabaran, masa proses waktu pengerjaan cukup lama. Kadang dalam proses pembuatannya diiringi dengan lelaku dan doa doa.

Ragam corak warna batik Sogan, sebagian juga dibuat di negara lain, seperti pada batik Malaysia, namun motif batik dan asalnya, sketsa motif batik, serta sejarahnya berbeda dengan ragam kekhasan batik asli, karena batik asli berasal dari Indonesia.

Ragam motif motif batik bunga lawasan corak warna batik Sogan termasuk macam-macam jenis aneka ragam kain pakaian tekstil kerajinan tangan tradisional asli yang dibuat dengan bahan pewarna alami di masa pembuatannya.

Terdapat beragam jenis nama motif batik dan asal daerahnya, sebagai bagian dari antologi narasi macam macam motif batik Nusantara, adiwarna wastra khas Indonesia yang estetis.

Ragam estetika, keindahan koleksi batik lawasan inspiratif dipadukan dengan ragam keindahan paduan kain etnik batik dan tenun ikat songket yang telah lama menjadi inspirasi fashion, trend mode terbaru.

Trend fashion mode baju model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis batik Sogan, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun) dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawas tradisional ini, dari macam macam motif batik tradisional corak warna batik Sogan.

Tertarik koleksi batik tulis antik Solo Surakarta, Jogja Pekalongan, Laseman Rembang | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk koleksi kombinasi busana pakaian etnik?

Mau pesan repro batik tulis lawas motif dari pemesan sendiri dengan teknik dan kekhasan tersendiri dari ragam batik Solo Jogja, Pekalongan Lasem?

Mau pesan repro batik tulis lama, batik lawasan, batik kuno, batik bekas, batik klangenan, batik yang membawa pesan makna batik dibalik ragam motif motifnya?

Cari batik tenun harga murah permeter?

Hastag :

#batiktiganegeri #batik3negeri #batik #corakwarnabatiksogan #batiksogan #sogan

Informasi Lengkap Hubungi Kami!

Memiliki Koleksi Kain Batik, Kain Tenun Ikat, Aneka Barang Kerajinan Tekstil Khas Nusantara, Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

Incoming search terms:

  • makna motif batik sogan solo
  • warna sogan adalah
  • batik sogan apa maknanya
  • batik sogan warna
  • cara membuat warna sogan
  • Dibalik kisah burung merak islami
  • gambar motif batik sogan