Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik Kemeja Baju Kaos Wayang | Seni Multidimensi Wayang Jogja, Solo Surakarta | Wayang Golek, Wayang Purwa

Foto gambar tokoh wayang prabu Krisna, titisan dewa Wisnu, Gunungan wayang, dan Raden Werkodara, Bima, Bratasena | Tokoh, lakon cerita dan kisah wayang yang menginspirasi beragam keindahan karya seni berbagai media visual

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik | Wisnu, Gunungan, Werkudara, Bratasena

BatikTigaNegeri.Com

 

Para sunan pewaris nabi di negeri wali sembilan tanah Jawa secara khidmaty menyadari, perintah Quran pertama yang diterima sang nabi ialah ; Bacalah!

Lalu, para sunan pewaris nabi di negeri wali sembilan membaca kitab kitab tua, membaca ulang khasanah khasanah purba.

Membaca kembali konsepsi kahyangan, tragedi cinta, kisah roman kepahlawanan, duka kemanusiaan.

Kisah cerita wayang perebutan kekuasaan, sengketa warisan, kekejaman, kelicikan dan konflik internal keluarga kerajaan Hastinapura dan berbagai kerajaan lainnya.

Janggalnya, setiap kisah peperangan, sengketa warisan kerajaan, jarang sekali tokoh rakyat jelata menjadi tema.

Padahal tiap kali peperangan dan sengketa keluarga kerajaan terjadi, para prajurit dan rakyatlah yang jadi korbannya.

Rakyat hanya terwakili tokoh punakawan, lakon gara gara, rakyat dalam kisah cerita narasi pewayangan hanya sub ordinat dari tokoh tokoh sentral pahlawan dan pecundang.

Foto gambar tokoh sepasang silhuette wayang couple | Tokoh, lakon cerita dan kisah wayang yang menginspirasi beragam keindahan karya seni berbagai media visual

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik | Sepasang wayang silhuette

BatikTigaNegeri.Com

 

Mahabharata, Ramayana, keragaman khasanah kehidupan anak manusia versi kitab purba.

Kitab kitab tua juga mengajarkan kebijakan, kebajikan, kebenaran, hitam putih, corak warna abu abu.

Lalu, digubah dengan kreasi lakon lakon baru kisah pewayangan yang terbarukan, tercerahkan.

Kisah pewayangan dengan sentuhan nalar Islami sebagai bacaan bacaan kebenaran terbaru inspirasi  dari bacaan Quran.

Sebagaimana amanah Quran dengan turunnya perintah wahyu pertama, “Bacalah.”

Pesan awal sekaligus akhir penutup zaman dari seluruh perjalanan pewahyuan, dimana Quran sebagai wahyu terbarukan menjadi inspirasi lakon wayang Islami di negeri sembilan para wali.

Cerita lakon wayang merupa khasanah tasawuf Islam dan kebathinan. Dimana orang orang Jawa dimasanya biasa dengan olah kebathinan dalam kehidupannya.

Foto gambar pementasan pagelaran kesenian wayang orang modern kontemporer | Tokoh, lakon cerita dan kisah wayang yang menginspirasi beragam keindahan karya seni berbagai media visual

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik | Sepasang wayang orang

BatikTigaNegeri.Com

Foto By : A.M Nugroho

 

Wayang hanyalah benda mati, tanpa lakon, dalang, sinden, panggung, geber dan pengiring gamelan serta penontonnya.

Wayang kulit terbuat dari lembaran kulit, dihiasi ragam sunggingan, bentuk stilasi, ragam busana dan senjata keris pusaka. Bila tergeletak tanpa lakon memang benar benar benda tanpa nyawa.

Wayang kulit yang terletak gemeletak di kotak sedemikian rupa. Demikian pula beragam wayang yang dibuat sebagai hasil karya tradisi budaya Nusantara.

Jika gemeletak tanpa dalang, sinden, musik pengiring, geber dan panggung. Rapi tergeletak dalam kotak memang tanpa daya tanpa lakon pula seolah tak ada apa apanya, kosong gung liwang liwung.

Namun, seonggok wayang golek, ditangan dalang wayang golek ki Entus, diiringi pengiring gamelan sinden, tampil di atas panggung laksana berdaya sakti mandraguna.

Kadang pula wayang tampil lucu bikin ngakak lebih dari penampilan seorang pelawak. Dan seringkali pula rayu mendayu mesra penuh cinta tergantung kisah dan lelakonnya.

Seperti juga dalang wayang kulit Anom Suroto, yang sering tampil di berbagai media, termasuk terekam media wayang kulit video, mp3. Seolah ia sutradara kehidupan, menghidupkan lakon wayang laksana film dengan para artis berbintang.

Lakon wayang memiliki narasi cerita panjang, sepanjang perjalanan tradisi budaya dan sistem kepercayaan, pengetahuan, filosofi dan pembelajaran kehidupan di Nusantara.

Yang juga terbarukan dengan pewahyuan terbaru, kreasi para sunan dari negeri wali sembilan.

Foto gambar penjual mainan ragam tokoh wayang di pinggir jalan | Tokoh, lakon cerita dan kisah wayang yang menginspirasi beragam keindahan karya seni berbagai media visual

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik | Mainan Wayang Kulit

BatikTigaNegeri.Com

Foto By : A.M Nugroho

 

Lakon wayang, tokoh wayang, inspirasi keindahan, nilai nilai tradisi budaya, moral dan etika, hikmah serta ajaran agama. Setiap aspek dan elemennya tertuliskan dalam berbagai kalam sebagai manifestasi kreasi seni kerajinan bermutu tinggi berbagai media visual.

Ragam jenis dapur pusaka keris, batik, souvenir merekam jejak hikmah dan pengajaran dari aneka rupa lelakon dan peristiwa dari khasanah dunia pewayangan.

Karna Tanding ialah nama dapur keris pusaka, Semar Tinandhu, Pendawa Limo, Semar Bethok, Semar Gethak, Bima Rangsang, Bimakurda, Bima Seba, Kala Cakra, ialah beberapa peristilahan terkait wayang dan perkerisan.

Harjuno Manah, Lerek Wayang, Wayang Geber ialah beberapa ragam peristilahan terkait dengan batik bermotif wayang, serta lukisan (Wayang Geber).

Foto gambar tokoh kadewatan, para dewa dalam versi asli dari India | Toko para dewa yang termodifikasi dengan lelakon cerita yang baru di tanah Jawa

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik | Tokoh kadewatan dalam pewayangan

BatikTigaNegeri.Com

 

Wisnuwicitra, Wisnumangenu, Wisnumurti, Durga Ngerik, Durga Nguwuh ialah peristilahan dalam katuranggan burung perkutut. Dimana beberapa namanya terkait dengan tokoh tokoh dewa dalam pewayangan.

Betara Yamadipati, Betara Bayu, Betara Maharesi, Betara Kamajaya, Betara Wisnu, Betara Durga ialah peristilahan tokoh wayang, tokoh kadewatan dalam pawukon Jawa.

Sedang jenis dapur pusaka ageman seorang dalang, biasanya keris berdapur Sedet, atau keris berdapur Cinarito.

Demikian pula kekhasan batik yang dipakai dan dikenakan. Motif batik seorang dalang, motif batik sinden, seragam batik penabuh gamelan pengiring dan kru mestinya berbeda dengan ciri khususnya.

Ragam keindahan, hikmah ajaran, budi pekerti, pesan moral terekam dalam lelakon wayang Islami merupakan ragam inspirasi berbagai karya seni berbagai media visual, diantaranya batik wayang.

Meski ragam jenis batik dari berbagai daerah serta apresiasi terhadap keragaman lelakon wayang dapat menjadi bentuk bentuk yang berbeda, misalnya batik wayang Bali, yang khas dengan tradisi budayanya.

Demikian pula dengan ragam jenis kekhasan tradisi budaya di Yogyakarta, yang memiliki apresiasi sebagai wujud keragaman batik wayang Jogja.

Aneka rupa kain batik motif wayang, kaos wayang, kemeja baju wayang, ragam perlengkapan busana, pakaian, aksesoris, gantungan kunci, hiasan dinding relief wayang merupakan bentuk ragam apresiasi seni multidimensi kesenian wayang.

Batik wayang Yogyakarta, Solo Surakarta, Bandung dari ragam jenis permainan dan kisah wayang, misalnya wayang purwa, wayang gedog, wayang krucil, wayang golek, wayang suluh, ialah ragam jenis kesenian Indonesia yang patut terjaga lestari.

Batik Keris Wayang, Tari Saman, Angklung adalah beberapa ragam kesenian, karya seni multidimensi.

Seni tekstil batik, seni logam keris, pagelaran kesenian Wayang Kulit, pagelaran seni tari Saman, alat musik kesenian Angklung yang telah diakui UNESCO sebagai ragam seni tradisi budaya warisan dunia.

Wayang Karya Seni Kesenian Multidimensi | Dan Batik Wayang

Wayang, karya seni pagelaran kesenian multidimensional seperti wayang kulit, lakon cerita dan tokoh tokoh dewa dewinya telah menghiasi beragam motif batik wayang.

Inspirasi Ragam Keindahan Seni Multidimensi Wayang :

Batik wayang wanita, ialah jenis ragam motif batik dengan tokoh tokoh dewi, betari, bidadari dalam serial tokoh lakon dan cerita yang dituangkan dalam ragam keindahan seni tekstil tradisional batik.

Batik wayang modern, ialah jenis ragam hias motif tokoh tokoh wayang, lelakon cerita dan kisah dari Mahabharata, Ramayana yang dituangkan dengan berbagai gaya aksen modern kontemporer pada batik.

Batik wayang Arjuna, ragam hias batik sebagai kain seni kerajinan tangan asli tradisional yang terinspirasi tokoh Arjuna, pria tampan bersenjatakan panah dan gendewa.

Selain dikenal sakti dan mandraguna, Arjuna adalah kinasihan dari tokoh Krisna titisan dewa Wisnu.

Peristiwa perang Baratayudha, kereta kencana Arjuna sang pemanah dengan kusir Sri Krisna seringkali pula dituangkan dalam ragam hiasan dinding relief kayu. Dituangkan pula dalam peneraan kekhasan cara khas dimana batik wayang dibuat.

Arjuna sang pemanah, dan pencinta. Sakti mandraguna, kehidupannya merupa roman yang dikelilingi banyak kisah percintaan, kisah pria tampan pemegang gendewa, penunggang kereta perang dengan kusir Sri Krisna.

Foto gambar gambar batik wayang dalam batik tulis Solo | Tokoh, lakon cerita dan kisah wayang yang menginspirasi beragam keindahan karya seni berbagai media visual

Batik Wayang Modern | Silk Scarf Batik

BatikTigaNegeri.Com

 

Beragam jenis tekstil, pakaian jadi, t shirt, jaket jumper, baju, kemeja dan kaos mengambil gambar tokoh tokoh wayang dewa dewi, tokoh pahlawan raseksa raseksi, tak lupa pula tokoh punakawan Gareng, Petruk, Semar, Bagong dan juga Togog.

Ragam jenis busana pakaian jadi mudah dijumpai di toko toko kota destinasi wisata seperti Jogja, Solo, Bandung dan berbagai kota lainnya ataupun mudah dicari di batik wayang online.

Batik wayang Bandung, yang terinspirasi kekhasan wayang Sunda memiliki kekhasannya yang berbeda. Ragam keindahan wayang golek memiliki bentuk stilasi tersendiri dan berbeda dengan wayang kulit.

Seringkali pula tokoh tokoh pewayangan dituangkan dan diterakan secara khusus sebagaimana kekhasan batik dibuat secara berpasangan. Dan dikenal serta populer sebagai batik wayang couple.

Ragam Motif Batik Wayang Modern | Silk Scarf, Shawl, Dress, Baju Batik

Batik wayang modern, dalam ragam jenis perlengkapan busana berupa silk scarf batik, shawl, dress, baju batik yang terinpirasi dari tokoh wayang dewa dewi, betara betari, Arjuna Krisna kusir kereta perang berkuda di padang Kurusetra sebagai aneka rupa pusparagam kesenian multidimensi.

Peristiwa kisah Bima ke pusat samudra, melawan dan menaklukkan sang Naga sebagai penjelmaan dewa juga inspiratif di tuangkan dalam berbagai karya seni media visual, batik wayang, relief kayu hiasan dinding, souvenir kerajinan.

Wayang kulit, wayang golek, macam macam wayang, oleh bangsa Eropa disebut the wayang puppets merupakan salah satu ragam warisan budaya khas Nusantara.

Budaya kesenian Indonesia yang telah diakui oleh dunia dan ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia sebagaimana dengan batik, juga keris pusaka, tari Saman dan beberapa ragam seni budaya khas Nusantara lainnya.

Sebagai warisan budaya dunia, batik dan wayang tak lepas dari perjalanan panjang sejarahnya.

Wayang golek ki Entus, wayang kulit Anom Suroto, yang tampil di berbagai media, termasuk wayang kulit video, mp3, memiliki narasi cerita panjang perjalanan tradisi budaya dan sistem kepercayaan, pengetahuan, filosofi dan pembelajaran kehidupan.

Sejarah wayang kulit di Indonesia, ragam tokoh karakter wayang yang distilasi, penambahan tokoh wayang tak lepas dari peranan para wali sembilan yang memakai media wayang sebagai media dakwah beretika tinggi.

Batik Wayang dalam perbatikan dapat dibuat dengan berbagai kekhasan sentra penghasil batik daerah. Juga dibuat dengan paduan ketiga sentra batik, sebagai maskot batik terkenal, batik tiga negeri.

Baca pula Batik Tiga Negeri

Batik Wayang Solo Jogja, dibuat dengan corak warna Soga, yang terkenal sebagai warna warna rona tanah, warna hangat, warna bumi.

Baca pula Batik Solo

Batik Wayang Lasem dibuat dengan kekhasan corak warna merah terkenal, bang bangan Laseman, batik khas dengan corak motif pakem klasik yang berani.

Baca pula Batik Lasem

Batik Wayang Pekalongan, dibuat dengan kekhasan warna biru dan khas sebagai ciri sentra batik asal daerah Pekalongan.

Lihat pula Batik Pekalongan

Umumnya ragam bentuk tokoh wayang yang dibuat tak lepas dari karakter asli dalam pewayangan yang tampil sebagai gambar stilasi.

Terkadang stilasi justru lebih mengisyaratkan karakter lewat simbolisasi bentuk-bentuk ragam hias yang tergambar, dan tersimbolisasikan secara khas dan lebih nyata.

Stilasi, teknik simpel, minimalisasi penyederhanaan yang diterapkan untuk menciptakan wujud ornamen mulai dari bentuk-bentuk tetumbuhan, binatang dan rupa manusia.

Penggambaran, penuangan ragam hias stilasi berupa khususnya tokoh legenda manusia pewayangan secara utuh, setelah pengaruh masuknya nilai nilai agama dalam budaya tradisi kesenian dengan semangat pesan Islam di Nusantara.

Ajaran Islam mengajarkan dan berpesan yang terekam dalam ragam hias motif batik wayang :

Penggambaran wujud, bentuk makhluk hidup khususnya makhluk bernafsu dan bernyawa seperti tokoh legenda orang, maupun penggambaran, lukisan wujud binatang secara keseluruhan sebaiknya dihindari.

Karena dapat menjerumuskan pemahaman, kepercayaan, keyakinan akan entitas yang sama sebagai pencipta, sebagai bentuk dari penyekutuan terhadap Tuhan.

Hal ini direspon oleh karakter budaya kreatif tersendiri bagi warga pelaku seni negeri kerajinan Nusantara yang menciptakan berbagai kekayaan khasanah ragam hias stilasi.

Terdapat beragam jenis nama motif batik wayang dengan kekhasan dari pengaruh berbagai tradisi budaya yang berpadu dengan tradisi budaya lokal, sebagai bagian dari antologi narasi macam macam motif batik tokoh lakon cerita wayang di Nusantara, adiwarna batik wastra khas Indonesia nan estetis.

Ragam estetika, keindahan koleksi batik wayang inspiratif dipadukan dengan ragam keindahan paduan kain etnik batik dan tenun ikat songket yang telah lama menjadi inspirasi fashion, trend mode terbaru.

Trend fashion mode baju resepsi, baju pesta, seragam pengantin, pengiring temanten model 2014, 2015, model baju 2016, 2017 batik kombinasi rangrang, model gamis batik Sogan, brocade (tekstil garmen wanita, dress clothing, batik tenun).

Trend fashion tersebut dari inspirasi narasi perkembangan sejarah kain etnik ragam koleksi batik lawas tradisional ini, dari tokoh, lakon cerita dan kisah wayang motif batik tradisional corak motif batik pernikahan.

Tertarik pesan batik wayang kreasi sendiri, motif batik dari gagasan dan inspirasi sendiri dengan kekhasan khasnya batik Solo Surakarta, Jogja Pekalongan, Laseman Rembang?

Mau pesan repro batik wayang lawasan | Sarung batik tulis antik | Batik tulis kain bahan model baju seragam batik | Sarung tenun ikat Troso Jepara untuk koleksi kombinasi busana pakaian etnik?

Hastag :

#batiktiganegeri #batik3negeri #batik #batikwayang #dewadewi #betharabethari #Arjuna #Arjun #Krisna #Wisnu #Bima #Werkodara

Informasi Lengkap Hubungi Kami!

Memiliki Koleksi Kain Batik, Kain Tenun Ikat, Aneka Barang Kerajinan Tekstil Khas Nusantara, Khas Indonesia | Sama Artinya Turut Serta Memelihara Kekayaan Budaya Warisan Leluhur, Melestarikan Warisan Turun Temurun Nusantara.

Batiktiganegeri.com

Incoming search terms:

  • lukisan batik tema nusantara
  • gambar batik bertema wayang werkudara
  • batik gambar wayang
  • wayang wisnu murti
  • wayang kylit modern
  • Motif Batik wayang
  • batik wayang panjang terbaru