Artikel Batik

Artikel trend fashion, perkembangan mode terbaru, gaya busana terkini tak lepas dari keberadaan tenun maupun batik. Perkembangan kedua wastra khas Nusantara ini telah sehati, dan selalu pas bagi budaya warga bumi dimana batik dan tenun berasal.

Batik dan tenun, merupakan kain seni tradisional, karya unik kerajinan buatan tangan asli Indonesia, Indonesian hand made.

Warisan budaya busana dan pakaian adat khas Nusantara, senantiasa menarik menjadi topik apik, sebagai trend fashion tersendiri, unik dengan penampilan eksentrik nan etnik sebagai busana segala usia.

Artikel mengenai batik tenun sebagai studi budaya dan seni telah menjadi tema sejak lama, termasuk topik sejarahnya.

Materi mengenal kerajinan kain tenun dan batik juga diajarkan di dunia pendidikan, terutama bidang pendidikan pengembangan desain busana dan model pakaian.

Karena dari selembar kain batik bertutur kisah narasi kehidupan, selembar kain batik mengandung rekaman perjalanan sejarah dan kebudayaan.

Contoh Gambar, Foto Model Pola Motif Dasar Batik, Batik Tulis, Batik Lasem, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan.

Artikel Batik, Batik Tiga Negeri, Batik Tulis

BatikTigaNegeri.Com

 

Umumnya batik dikenal dan dimengerti sebagai kain bergambar, kain yang terlukiskan pola motif gambar khas dimana pembuatannya dibuat secara secara khusus.

Batik dibuat dengan cara menuliskan, menerakan, menorehkan coretan, menitik, mencecek juga guratan kuas warna maupun cairan malam pada selembar kain bahan mori.

Lalu pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang menjadi ciri dari seni kerajinan tangan selembar kain gambar, kain lukis, seni kain lukis bahan baju, busana, pakaian ; batik.

Kain batik Indonesia, secara keseluruhan dari teknik cara pembuatan, teknologi pengolahan, serta pengembangan kreasi dan kreatifitas motif, tradisi serta budaya yang terkait.

Oleh UNESCO ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity)_Sumber Wikipedia.

Contoh Gambar, Foto Model Pola Motif Dasar Batik, Batik Tulis, Batik Lasem, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan.

Artikel Batik, Batik Tiga Negeri, Batik Tulis

BatikTigaNegeri.Com

 

Artikel Batik | Batik Tulis

Topic-batik, topic-clothing batiks, tema dalam selembar kain tradisional merupakan sebuah narasi, cerita juga menjadi perbincangan internasional.

Kain batik juga menjadi kain bahan pilihan pelengkap busana dan busana utama oleh perancang adi busana bagi modelling serta artis terkenal.

Eksplorasi dan eksperimentasi kain etnik, tekstil seni kerajinan tangan kain tradisional ini tak ada habisnya.

Terutama kain batik tulis, yang sejatinya mewakili tradisi tua kain seni kerajinan tangan ini.

Disamping perkembangan sejarahnya, kemudian seni kerajinan tangan kain batik dan tenun tak lepas dari sentuhan pabrikasi dan modernisasi.

Dengan adanya pengembangan teknis untuk mengejar harga, jumlah dan kapasitas produksi. Batik dan tenun ikat, sebagai wastra khas Nusantara makin dikenal dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lalu tercipta kreasi batik cap, bahkan ada pula batik sablon, batik printing, kain gambar penghias hiasan dinding, juga lukisan gambar batik.

Namun khusus batik tulis, ada yang bilang sebagai “Art of Original Batik”, “Genuine Tradition of Batik” dan hanya dimiliki oleh kain batik tulis.

Contoh Gambar, Foto Model Pola Motif Dasar Batik, Batik Tulis, Batik Lasem, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan.

Artikel Batik, Batik Tiga Negeri, Batik Tulis

BatikTigaNegeri.Com

 

Contoh Gambar, Foto Kegiatan Pembatik, Perajin Batik Tulis, Batik Lasem, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan.

Artikel Batik, Batik Tiga Negeri, Batik Tulis

BatikTigaNegeri.Com

 

Salah satu pengembangan dari wastra khas Nusantara ini, diciptakan wastra kolaborasi.

Selembar kain batik dengan ketiga paduan batik dari tiga sentra batik ternama, sebagai adiwarna wastra baru batik masterpiece, batik tiga negeri.

Sebagai gabungan dari ketiga sentra batik, kerumitan kekhasan cara proses pembuatannya, merupa batik tiga negeri sebagai salah satu istilah yang kuat dan melekat dalam perkembangan sejarah perbatikan di Indonesia.

Batik tiga negeri ialah batik kombinasi tiga motif, dan juga tiga  warna yang mendasar ialah warna  Sogan warna khas batik Solo-Jogja identik dengan gradasi warna coklat tua ke warna kekuning kuningan khasnya pewarna batik Soga, merah khas batik Lasem, dan biru khas batik Pekalongan.

Bila ada penambahan lebih dari tiga paduan warna batik, misalnya batik tiga negeri motif batik bunga yang memadukan warna merah, hijau, biru, coklat dan lainnya, maka biasa pula disebut batik empat negeri.

Selengkapnya baca Batik tiga negeri

[display-posts category=”Artikel”]